Rapper Snoop Dogg Jualan Kopi Indonesia, INDOxyz

DEPOKPOS – Penyanyi rap Amerika, Snoop Dogg, merambah bisnis industri kopi dengan meluncurkan merek produk kopi Indonesia bernama INDOxyz.

Snoop Dogg diketahui bermitra dengan pengusaha kopi asal Indonesia, Michael Riady, untuk pengadaan, pemanggangan, dan pembuatan produk minuman dingin biji utuh, pre-ground, dan ready-to-drink (RTD).

“Saya selalu mencintai Indonesia dan Michael selalu menjaga kami saat kami di sini. Dia menunjukkan kepada saya kopi terbaik di dunia dan kami mewujudkannya dari sana,” kata Snoop Dogg sebagaimana dilaporkan Daily Coffee News beberapa waktu lalu.

Michael Riady, yang keluarganya telah menanam kopi di Indonesia selama lima generasi, sebelumnya mendirikan perusahaan pemanggangan kopi khas Indonesia yang serba organik bernama Tentera Surf & Coffee Roasters pada 2017.

Selama pandemi COVID-19 yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan ekonomi, Michael mencari arah dan mitra baru untuk menghidupkan kembali bisnisnya.

Sementara itu, Snoop Dogg merasa ingin terlibat dengan produk yang akan membuat dia dan rekannya siap setiap inspirasi muncul di benak mereka. Snoop Dogg memiliki banyak keahlian di dunia bisnis.

Meski tidak memiliki hubungan formal dengan Indonesia, Snoop mengatakan istilah “indo” yang disematkan pada nama produk mengingatkannya pada lirik lagu andalannya tahun 1994 yang memuncaki tangga lagu, yakni “Gin & Juice”. Istilah tersebut merupakan slang untuk mariyuana berkualitas tinggi.

Untuk INDOxyz, Michael mengirimkan kopi dari berbagai petani di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi ke Los Angeles, tempat dia memanggang di pemanggang Loring S15 milik Tentera, yang merupakan perusahaan induk INDOxyz.

INDOxyz diluncurkan secara terbatas yang dimulai di negara asal Snoop Dogg, California, sebelum didistribusikan secara nasional.

Untuk minuman dingin RTD dijual seharga 5,99 dolar AS (sekitar Rp92 ribu) sementara kopi biji utuh dihargai 17,99 dolar AS (sekitar Rp277 ribu).