Kepemimpinan Cerdas yang Berintegritas

DEPOKPOS – Pemimpin dan kepemimpinan adalah topik pembicaraan yang menarik sesekali. Memilih pemimpin yang tepat yang akan memberikan prestasi adalah satu pekerjaan yang tidak mudah dan membutuhkan perhatian yang cermat.

Salah satu kriteria utama untuk memutuskan seorang pemimpin menyangkut norma-norma yang melekat pada diri seseorang. sementara seseorang telah menyatu sepenuhnya dengan diri-sejatinya, maka dia adalah seseorang yang berintegritas.

Lalu apa yang dimaksud dengan integritas?

pengertian integritas adalah bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dan perilakunya atau sikap yang perlu dimiliki seseorang dalam dunia kerja atau prinsip kehidupan. Sederhananya, integritas adalah kejujuran yang menjadi prinsip dan selalu dipegang teguh.

Pada dasarnya integritas memang perlu dimiliki oleh setiap orang sebagai bentuk tanggung jawab, baik untuk tugas, pekerjaan, atau aktivitas sehari-harinya.

Di dalam menjalankan aktivitas pelayanan, pemimpin yang berintegritas prinsipnya pengakuan adalah untuk mencapai tujuan yang mulia karena dasar seorang pemimpin yang berintegritas adalah menyerap etika dan moral dalam setiap aturannya.

Berbicara mengenai integritas kepemimpinan, tentunya sangat erat kaitannya dengan profesionalisme karena alih-alih integritas itu sendiri kita akan melihat integritas yang sudah mapan. Salah satu contohnya adalah pekerja profesional adalah karyawan yang telah menunjukkan integritas yang dapat diandalkan.

Kemungkinan-kemungkinan dalam kesempitan, terutama peluang-peluang dalam tanda kutip yang pada umumnya memiliki makna yang mengerikan di mata jaringan yang lebih luas. sekarang tidak bersih untuk menerapkannya. Godaannya ada peluang dan kemungkinan korupsi, hati kita secara halus dipaksa bimbang.

seorang pemimpin yang berintegritas tidak akan lepas dari masalah terombang-ambing dengan korupsi atau memperbaiki diri dengan menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya. Dan pada setiap kesempatan seorang penentu kecepatan mengkompromikan integritas, penghancuran diri itu positif karena integritas itu sendiri tidak akan lagi mengganggu atau menempatkan dirinya pada fungsi yang berisiko.

Sementara seorang pemimpin tergoda untuk mengambil jalan pintas, integritas sendiri akan membantu seorang penentu kecepatan hidup dalam arah yang benar. Demikian pula, ketika orang lain menyorotnya dengan hukuman yang tidak adil, integritas membantunya untuk terus maju dan memilih jalan yang tepat dengan tidak menjawab.

Pemimpin yang berintegritas tinggi memang memiliki kemampuan untuk memanipulasi pemahamannya tentang manajemen agar bertindak secara terhormat dan benar dalam setiap aturannya, meskipun peran yang terhormat tidak selalu dipatuhi melalui perilaku yang benar. agar para pemimpin sering terjebak oleh perannya dan memanfaatkan peluang untuk hal-hal yang tidak terpuji.

Ciri-ciri Pemimpin yang Berintegritas Tinggi

1.Hati-hati dalam Berucap
2.Dapat Memegang Perkataan
3.Jujur dalam Bekerja
4.Taat pada Peraturan
5.Siap Bertanggung Jawab

Integritas yaitu hal terpenting yang harus dimiliki seorang pemimpin. Integritas suatu konsep yang berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metode-metode,berukuran-ukuran, prinsip-prinsip, ekspektasi-ekspektasidan aneka macam hal yang diperoleh.

Orang yang hidup dengan integritas itu tidak korup serta tidakakan mau serta bisa buat patah agama dari mereka yang menaruh agama pada dirinya menjadi seorang pemimpin.

Fira Azkiya Fikriyah