Ini Rahasia Sukses 3 Srikandi Bisnis Kuliner Raup Cuan

DEPOKPOS – Perempuan masa kini semakin gigih menunjukkan peran dan kontribusinya di masyarakat. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir perempuan memiliki andil yang cukup besar di bidang kewirausahaan, khususnya bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM RI, tercatat 64% dari total 64 juta UMKM di Indonesia dikelola dan dimiliki oleh kaum perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan kian lincah mengambil peluang untuk maju dan tentunya turut memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Ketangguhan perempuan dalam mengembangkan usahanya tidak luput dari pemanfaatan teknologi digital. Gojek, sebagai penyedia on-demand services terkemuka di Indonesia, turut menunjukkan dukungannya dengan menyediakan layanan teknologi digital yang andal untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan.

Salah satunya melalui layanan GoFood, yang memberikan peluang yang setara untuk pengusaha perempuan di bidang kuliner untuk meningkatkan bisnis kulinernya secara berkelanjutan.

Dalam semangat dan antusiasme menuju Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) yang jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023, GoFood bagikan kisah inspiratif dari tiga sosok srikandi yang berani melangkah menjadi womenpreneur di era digitalisasi dan sukses hingga bisa memberikan dampak positif, baik bagi keluarga dan orang lain di sekitarnya:

BACA JUGA:  Hening, Impor Indonesia dari Israel Meningkat 336 Persen

Novita Mayasari, pemilik usaha Bassnana Kerang dan Kafe, Semarang, Jawa Tengah, rangkul ratusan ibu-ibu pengusaha kuliner optimalkan penjualan secara online

Tanpa latar belakang sebagai pengusaha kuliner dan berangkat dari keyakinan serta kegigihannya, Ibu Novita Mayasari atau yang kerap disapa Ibu Novita membuka usaha kuliner Bassnana Kerang & Kafe pada 2018 bersama suami tercintanya yakni Pak Anis di Semarang, Jawa Tengah.

Berawal dari kecintaan pasangan suami istri ini terhadap makanan kerang dan seafood, keduanya berinovasi untuk menghadirkan makanan khas laut yang bercita rasa unik di daerahnya.

Dalam perjalanannya membangun Bassnana Kerang & Kafe, Ibu Novita gigih berinovasi dan adaptif mengikuti tren berbisnis kuliner. Salah satunya keputusan tepatnya adalah bergabung di GoFood pada 2018.

BACA JUGA:  Hening, Impor Indonesia dari Israel Meningkat 336 Persen

Setelah lebih dari 4 tahun tumbuh bersama GoFood, hampir 75% pendapatan Bassnana Kerang & Kafe datang dari pesanan online di GoFood.

“Awal saya bergabung dengan GoFood, masih awam sekali dengan cara berjualan di online. Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan adanya dukungan komunitas seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan aplikasi GoBiz tentunya dapat sangat membantu perkembangan usaha saya.

Bahkan dari 2018 hingga 2021 omzet usaha saya meningkat 50% berkat dukungan GoFood dan GoBiz.” kata Ibu Novita.

Tidak ingin tumbuh sendirian, Ibu Novita makin terpacu mendorong para perempuan di daerahnya untuk maju bersama. Khususnya bagi para ibu-ibu yang telah bergabung dengan GoFood tetapi belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berbisnis online.

“Setiap bulannya saya sering mengumpulkan puluhan ibu-ibu sesama pengusaha UMKM di lingkungan saya ini untuk saling berbagi pengalaman dan edukasi dalam berjualan online di GoFood. Saya sangat ingin ibu-ibu di daerah saya juga merasakan manfaat yang saya rasakan ketika berjualan di GoFood.” ujar Ibu Novita antusias.

BACA JUGA:  Hening, Impor Indonesia dari Israel Meningkat 336 Persen

Semangat untuk sukses bersama tersebut membuat Ibu Novita terpilih sebagai Ketua KOMPAG Semarang sejak 2019 hingga saat ini.

Elis Endah, pemilik usaha Bubish Dimsum, Bandung, Jawa Barat, topang ekonomi keluarga lewat usaha dimsum dari teras rumah mampu raih omzet jutaan rupiah

Berangkat dari keinginannya membantu menopang ekonomi keluarga, Ibu Elis Endah Komara, perempuan berusia 32 tahun asal Bandung ini memutuskan membuka usaha kuliner dimsum dari garasi rumah sejak akhir 2019.

Keterbatasan modal membuat Ibu Elis membuka usaha kulinernya walaupun hanya dengan kursi dan penanda toko sederhana di depan rumah. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Ibu Elis yang memiliki latar belakang sebagai womenpreneur untuk mengembangkan bisnis kulinernya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait