5 Ciri Tubuh Kekurangan Gula Darah

DEPOKPOS – Seperti yang telah diketahui, gula darah merupan salah satu sumber energi bagi tubuh. Jadi kekurangan gula darah adalah hal yang dapat membuat tubuh kekurangan energy untuk melakukan aktivitas harian.

Kekurangan gula darah ini sering dialami oleh penderita diabetes, meskipun dapat juga terjadi pada orang tanpa penyakit.

Dibawah ini terdapat ciri-ciri tubuh kekurangan gula darah yang paling umum terjadi pada orang normal maupun penderita diabetes.

Susah tidur

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

Seperti yang kita ketahui banyak orang yang mengalami susah tidur entah itu karena main handphone, overthinking ataupun bergadang dengan tujuan gak jelas.

Perubahan mood yang tidak jelas

Perubahan mood yang terjadi akbiat gula darah rendah akan memengaruhi penurunan energy, sehingga kita menjadi mudah marah dan lelah.

Sering merasa pusing

Kekurangan gula darah dapat memengaruhi pasokan energy tubuh jadi lebih sedikit. Sehingga kita sering merasa pusing hingga sakit kepala

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

Kulit pucat

kulit jadi pucat karena tubuh kita kekurangan adrenal dan mengalami penurunan hormone kartiosol yang berfungsi untuk kadar gula darah.

Keringat dingin

Ciri tubuh kekurangan gula darah dapat menyebabkan keringat dingin. Kondisi ini efek dari tremor dan rasa cemas yang memicu kelenjer keringat berproduksi secara berlebihan.

Berikut cara mengatasi tubuh saat kekurangan gula darah:

Perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, seperti jus buah, roti dan madu atupun daging. Akan tetapi, porsinya jangan lansung banyak.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

Rutin cek kadar gula darah untuk memastikannya. Jika angka dibawah 70 mg/dl, bisa coba mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Setelah makan cek lagi gula darahnya, jika gula darah diatas 70 mg/dl dan kurang dari 100 mg/dl, berarti gula darah sudah mulai stabil.

Dan anda hanya perlu menjaga asupan makanan atau minuman supaya kadar gula tidak drop ataupun melonjak.

ZULIAN FAHMI IDRIS