3 Cara Menghilangkan Hawa Lapar saat Berpuasa

DEPOKPOS – Selama puasa, kamu diharuskan untuk menahan hawa nafsu, rasa lapar, dan haus. Adapun kamu akan menahan semua itu sejak waktu subuh hingga waktu berbuka puasa ketika matahari sudah terbenam.

Namun, kamu tidak akan melaluinya dengan mudah. Khususnya rasa lapar, kamu akan berusaha menahan perutmu yang sudah keroncongan itu sampai magrib tiba.

Bagi kebanyakan orang, menahan lapar merupakan hal yang sulit dilakukan. Bagaimana tidak, biasanya kamu makan 3 kali sehari atau lebih, tiba-tiba jadi hanya boleh makan saat sahur, magrib, dan malam hari.

Belum lagi jumlah camilan kamu sehari-hari. Perubahan ini lah yang menjadi salah satu faktor kenapa kamu susah menahan lapar saat puasa.

Untuk itu, Berikut beberapa cara menghilangkan rasa lapar saat puasa, dijamin kuat hingga buka puasa!

1. Minum banyak air saat sahur

Minum banyak air menjadi metode paling sederhana, mudah, dan paling sehat untuk mencegah rasa lapar saat berpuasa.

Bukan tanpa sebab, ketika kamu merasa lapar, sering kali itu adalah rasa haus alih-alih lapar. Maka dari itu kamu harus menyiapkan diri dengan minum sebanyak-banyaknya saat sahur.

Selain itu, melansir Productivemuslim, air bisa menghidrasi tubuh dan menyegarkan pikiran.

Ini merupakan fakta yang tak bisa ditolak di mana meminum air bersih menjadi senjata paling ampuh untuk memerangi kelaparan, jauh lebih baik daripada minuman seperti kopi atau minuman soda.

2. Menyibukkan diri

Ketika kamu merasa lapar, jangan fokus pada pikiran bahwa kamu sedang lapar. Kamu harus segera mengalihkan perasaan lapar tersebut dengan menyibukkan diri.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengaburkan fokus dari lapar, seperti berkebun, mengerjakan pekerjaan rumah, hingga beres-beres kamar.

Selama melakukan kegiatan tersebut, kamu pasti akan lupa bahwa kamu sedang lapar.

Apalagi menyibukkan diri juga bisa membuat kamu lupa waktu sehingga tiba-tiba sudah azan magrib yang artinya kamu bisa kembali makan.

3. Menjalankan hobi

Hobi tiap orang pasti beragam. Ada yang senang membaca buku, mendengarkan musik, hingga melakukan aktivitas fisik seperti bermain sepak bola, basket, ataupun tenis.

Untuk menghilangkan lapar selama puasa, alangkah baiknya kamu melupakan perasaan lapar tersebut dengan menjalani hobi yang kamu sukai.

Khususnya ketika melakukan hobi yang berkaitan dengan aktivitas fisik, rasa lapar pasti hilang meskipun kamu sedang puasa.

Ini bisa terjadi karena kamu akan fokus pada kegiatan kamu, bukan pada perut yang keroncongan minta makan.

Abdul Djabbar Alfathi