Ini Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2023

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) mengadakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan dari Sekolah Menengah Tingkat Atas dan sederajat tahun 2023. Sosialisasi yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (03/02) di Balai Purnomo Prawiro Kampus UI Depok tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS., DEA., IPU., ASEAN., Eng.; Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Dr. Gunawan, S.T., M.T.; dan Direktur Center for Independent Learning (CIL) UI, F. Astha Ekadiyanto, S.T., M.Sc., yang dimoderatori oleh Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Dra. Amelita Lusia, M.Si., CPR.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., menyampaikan bahwa UI memberikan seluas-luasnya akses pendidikan kepada masyarakat untuk bisa mengenyam pendidikan di UI. “UI berusaha memperluas akses kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan di UI dengan pola dan strateginya, di antaranya dengan menambah kapasitas atau kuota. Salah satu kebijakan yang kami launching adalah program Pre-University. Program tersebut merupakan implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dimulai sejak 2022. Program tersebut memberikan peluang kepada siswa Sekolah Menengah Atas untuk mengambil mata kuliah di UI tanpa harus menjadi mahasiswa,” ujar Prof. Haris. Ia berharap, para siswa dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Jika siswa mendapatkan sertifikat kelulusan dengan baik dari mata kuliah, sertifikat yang diperoleh bisa direkognisi seandainya siswa tersebut mendaftar kuliah di UI.

BACA JUGA:  UI dan University of Dar Es Salaam Kembangkan Sumber Daya Energi dan Mineral Berkelanjutan

Dalam sosialisasi disebutkan bahwa jalur masuk penerimaan mahasiswa baru UI untuk jenjang Sarjana dan Vokasi terbagi menjadi dua, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri. Pada 2023, UI akan membuka penerimaan mahasiswa baru yang terbagi menjadi beberapa program yaitu, Sarjana, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas RPL, Vokasi, dan Vokasi kelas RPL.

Sementara itu, Dr. Gunawan menyebutkan untuk jalur nasional, UI menyediakan 50% dari total daya tampung dengan rincian: 20% melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 30% melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Ia menyampaikan, tahun ini UI melebur program sarjana parallel dan regular menjadi satu. “Tidak akan ada lagi pendaftaran untuk program reguler maupun paralel. Keseluruhan daya tampung total, yaitu gabungan dari daya tampung Sarjana, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Vokasi, dan Vokasi Kelas RPL. Keseluruhan daya tampung akan dibagi pola penerimaannya menjadi jalur nasional dan jalur mandiri,” ujarnya.

BACA JUGA:  Innovative Academy UGM Terpilih jadi Delegasi Startup Go Global ke Belanda

Tahun ini, UI mengikutisertakan 64 program studi Sarjana dan 15 program studi Vokasi di dalam penerimaan nasional SNBP dan SNBT. SNBP merupakan jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri untuk siswa SMA dan sederajat yang seleksinya berdasarkan prestasi dan nilai rapor. Saat ini, sedang berlangsung pembuatan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) bagi sekolah dan siswa dimulai pada 9 Januari 2023 pada laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, yang akan berakhir pada 9 Februari 2023 bagi sekolah, dan 15 Februari 2023 bagi siswa. SNBT adalah seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan menggunakan tes berbasis komputer yang mencakup penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan potensi kognitif. Informasi selengkapnya mengenai jalur ini dapat dilihat pada tautan snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA:  IP Week Bahas Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual

Adapun 50% daya tampung sisanya, akan diperebutkan melalui jalur mandiri. Untuk jalur mandiri, UI akan menyelenggarakan dua jenis penerimaan, yaitu penerimaan berdasarkan prestasi atau undangan dan penerimaan berdasarkan tes. Untuk penerimaan yang berdasarkan prestasi atau undangan secara mandiri, disebut dengan istilah Program Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talentscouting. PPKB akan dibuka untuk seluruh program studi Sarjana dan program studi Vokasi, sedangkan Talentscouting akan dibuka untuk seluruh program studi Sarjana Kelas Internasional.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait