Keistimewaan Sholat di Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam menjadi sholat sunnah yang kerap dilakukan oleh umat muslim setelah terjaga dari tidur. Sholat tahajud dan sholat witir termasuk sholat sepertiga malam yang memiliki banyak keutamaan.

Setiap ibadah memiliki keutamaan tersendiri, termasuk sholat sepertiga malam, yaitu sholat witir, sholat tarawih, sholat tahajud, dan sholat sunnah lainnya yang dikerjakan di malam hari. Beberapa macam sholat sunnah tersebut dengan sendirinya akan menjadi sholat tahajud apabila dilakukan setelah tidur.

Adapun anjuran untuk melaksanakan ibadah sholat sepertiga malam sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu hadis, artinya:

“Sebaik-baiknya puasa Ramadhan adalah puasa bulan Allah Muharram. Sebaik-baiknya sholat setelah sholat wajib adalah sholat malam “.(HR Muslim)

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan di dalam al-Qur-an pada banyak ayat dan juga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak hadits tentang besarnya pahala yang diperoleh dari melaksanakan shalat malam. Bahkan shalat yang paling baik setelah shalat wajib adalah shalat malam, dan hal ini telah menjadi ijma’ (kesepakatan) ulama.

BACA JUGA:  Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: “Ternyata, Selama Ini Kita Salah. Alhamdulillah, Dapat Ilmu Baru”

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

Dari Asma’ binti Yazid Radhiyallahu anha, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam bersabda: “Bila Allah mengumpulkan semua manusia dari yang pertama hingga yang terakhir pada hari Kiamat kelak, maka datang sang penyeru lalu memanggil dengan suara yang terdengar oleh semua makhluk, ‘Hari ini semua yang berkumpul akan tahu siapa yang pantas mendapatkan kemuliaan!’ Kemudian penyeru itu kembali seraya berkata, Hendaknya orang-orang yang ‘lambungnya jauh dari tempat tidur’ bangkit, lalu mereka bangkit, sedang jumlah mereka sedikit.”

Keutamaan sholat disepertiga malam menurut islam :

BACA JUGA:  Lalamove Gandeng Baznas di Program CSR DeliverCare

1.     Menjalankan Tradisi Orang-Orang Shaleh
Shalat tahajud adalah kebiasaan bagi orang-orang shaleh. Mereka melakukannya secara konsisten untuk menghapus dosa, mencegah berbagai penyakit, dan mencegah perbuatan dosa. Diketahui juga bahwa bangun di sepertiga malam memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh, asalkan sebelumnya kita sudah tidur dengan cukup, “Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh” (HR. Tirmidzi).

2.              Mendapatkan Keridhoan Allah SWT
Orang-orang yang melaksanakan tahajud, mereka akan mendapatkan keridhoan Allah SWT. Hatinya lebih tenang dan damai karena hidupnya bergantung kepada Allah. Seperti yang disampaikan oleh hadits berikut.
“Tiga orang yang diridhoi Allah SWT yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan shalat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk shalat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah” (HR Abu Ya’la)

3.              Diampuni Dosa dan Dikabulkan Doa
“Pada tiap malam, Tuhan Kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Kuperkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaKu, akan Kuperkenankan permintaannya. Dan barangsiapa yang meminta ampunan kepadaKu, Aku ampuni dia”. (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:  Sejarah Tradisi Idul Fitri di Dunia Islam: Perspektif Historis dan Sosiologis

4.              Masuk Surga dengan Damai
Dalam sebuah hadits disampaikan, “Dirikanlah shalat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian” (HR. Ahmad, Ibnu HIbban, dan Hakim). Untuk itu, orang yang tahajud, tentu akan berpeluang dirinya masuk ke dalam surga. Hal ini karena mereka menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW.

5.              Memacu Imunitas dan Meredakan Stress Hidup
Shalat tahajud juga dapat meningkatkan respons ketahanan tubuh seperti yang disampaikan dalam buku Terapi Shalat Tahajud karya Dr. Moh Sholeh. Dengan mengamalkan shalat tahajud, mampu menurunkan respons sekresi hormon kortisol. Dengan begitu daya tahan tubuh bisa lebih kuat dan meredakan tingkat stress.