Penyebab Mobil Cepat Rusak Selama Pemakaian

DEPOK POS – Bagi pemilik kendaraan roda empat yang sering bepergian, tentu tidak lagi asing pada beberapa faktor penyebab mobil cepat rusak. Pasalnya, segala perusahan kondisi ini akan mempengaruhi performa mesin selama pemakaian.

Salah satunya berkaitan dengan faktor usia mesin mobil yang Anda miliki, hingga gaya menyetir menjadi penyebab kendaraan cepat rusak. Karena itu, Anda harus menghindari beberapa kebiasaan buruk agar performa mobil tetap prima.

Apabila masih ragu bagaimana caramemilih asuransi yang tepat, bandingkan asuransi terbaik sekarang dengan setiap produk keluaran Lifepal.co.id!

Sementara itu, mengenai perbaikan kendaraan, Anda tinggal cek asuransi mobilnya di Lifepal, dan tunggu tindak lanjut dari perusahaan terkait.

Faktor Penyebab dan Kebiasaan yang Wajib Dihindari oleh Pemilik Kendaraan

Untuk menjaga kendaraan pribadi seperti mobil agar performanya tetap bagus. Sebaiknya, Anda menghindari beberapa faktor penyebab berikut ini :

1. Berkendara Asal-Asalan

Perlu diketahui oleh setiap pengendara, bahwa menggunakan mobil secara asal-asalan juga menjadi salah satu penyebab mobil cepat rusak.

Contoh kebiasaan buruk ini seperti proses memindahkan gigi mobil secara kasar dan lupa untuk menginjak pedal kopling pada mobil bertransmisi manual.

BACA JUGA:   Land Rover Indonesia Luncurkan Range Rover Terbaru

Kebiasaan lain yang Anda lakukan secara asal mungkin seperti mengerem mobil secara mendadak. Hal tersebut akan membuat mobil cepat tekor sebab rem menjadi lebih mudah aus.

2. Jalan Menurun dengan Gigi Netral

Bagi pengguna mobil pemula mungkin belum memahami bahwa penggunaan gigi netral pada jalanan menurun sangat tidak direkomendasikan.

Sebab, secara teknis saja dapat dilihat bahwa mobil akan melaju dengan cepat dan ringan. Sehingga berpotensi untuk melakukan pengereman mendadak.

Jika Anda sering melakukan hal ini, maka potensi rawan kecelakaan akan meningkat. Apalagi jika mobil dalam keadaan melaju kencang. Apabila Anda memasukkan gigi pun, akan terasa kagok dan menyebabkan mobil slip.

Apabila Anda tidak memiliki jaminan atas kecelakaan yang dialami, maka pengeluaran biaya besar akan terjadi. Pasalnya biaya perawatan mobil tidak bisa dikatakan sedikit. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk membuat asuransi.

Salah satu rekomendasi marketplace untuk melakukan pembelian adalah Lifepal. Perusahaan ini akan membantu Anda menemukan produk asuransi terbaik dengan harga sesuai budget.

3. Lampu Mobil Tidak Dimatikan

Penyebab mobil cepat rusak lainnya bisa juga dikarenakan Anda lupa mematikan lampu setelah keluar. Apabila lampu mobil terus menyala, sedangkan mesin dalam keadaan mati. Maka, akan membuat aliran energi ke aki terputus.

BACA JUGA:   Land Rover Indonesia Luncurkan Range Rover Terbaru

Pasalnya, energi cadangan aki akan otomatis tersedot secara terus menerus hingga habis. Apabila aki sudah habis, mesin mobil tidak akan mampu menyala, dan fungsi lainnya pun turut terhambat.

Oleh karena itu, pastikan Anda benar-benar memperhatikan poin penting ini agar kendala kerusakan mobil dapat segera teratasi.

4. Terburu-buru Menstarter Mobil

Apakah Anda tipikal orang kurang sabar menunggu? Jika benar, maka kebiasaan ini wajib Anda hindari secepatnya. Terutama jika Anda pengguna kendaraan roda empat dan menstarter mobil secara terburu-buru dengan berbagai alasan.

Hal tersebut dapat memicu penyebab mobil cepat rusak. Oleh karena itu, pastikan Anda menunggu setidaknya 3-4 detik sebelum menyalakan mobil.

Sebab, apabila kontak dalam posisi menyala, maka check engine akan membuat lampu indikator menyala beberapa saat kemudian mati kembali. Proses beberapa detik ini bertujuan memberikan waktu kepada sistem injeksi mobil untuk menerima data dari seluruh komponen.

BACA JUGA:   Land Rover Indonesia Luncurkan Range Rover Terbaru

Sehingga, jika Anda menjalankannya secara terburu. Bisa dianalisis bahwa proses transfer data tidak maksimal akibatnya mempengaruhi sistem dan membuat mobil Anda cepat rusak atau mati.

5. Mengabaikan Peringatan Kondisi Mobil

Terakhir, Anda mungkin menyadari bahwa salah satu faktor penyebab mobil cepat rusak adalah kurang pedulinya individu terhadap peringatan kondisi kendaraan yang menurun. Padahal, notifikasi ini paling banyak dimiliki oleh mobil keluaran terbaru.

Apabila Anda menunda pengecekan mobil, bisa jadi akan merugikan mobil. Sebab, keseluruhan sistem sudah mengalami penurunan performa. Jadi, Anda perlu melakukan analisa mana saja yang perlu perbaikan atau servis.

Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan indikator lampu pada panel. Apabila salah satu saja menyala pada saat Anda berkendara. Pastikan untuk tidak mengabaikannya, sebab dapat dipastikan bahwa kendaraan Anda perlu dibawa ke bengkel untuk servis.

Jika Anda memiliki produk asuransi mobil, maka bisa langsung menghubungi rekanan dengan biaya minim. Apalagi jika Anda membelinya di Lifepal, tentu mitra bengkel yang bisa Anda temui sangat banyak. []

Pos terkait