Pentingnya Orang Tua Memiliki Ilmu dalam Membangun Rumah Tangga dan mendidik Anak

DEPOK POS – Aktivis Founder Komunitas Ibu Hebat, Penulis Buku dan Pengisi Cinta Qur’an TV, Ustazah Ir. Hj. Dini Sumaryanti menyatakan pentingnya kita sebagai orang tua memiliki bekal dalam membangun rumah tangga dan mendidik anak.

“Betapa pentingnya sebagai orang tua memiliki bekal ilmu dalam membangun rumah tangga dan mendidik anak,” ujarnya dalam Kajian Muslimah Perindu Surga: “Me & Mom Go To Jannah”, Ahad, (11/9/2022) di Aula Masjid At-Thohir Tapos, Depok.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Ridwan Kamil Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sukatani

Ia pun menegaskan, ketika menjadi orang tua tetapi tidak memiliki ilmu, maka akan timbul masalah dalam keluarga, di antaranya tidak mampu mengendalikan emosi, tidak pandai berkomunikasi dan tidak kenal karakter anak.

Lanjutnya, “Kendala saya dulu waktu mendidik anak adalah saya dulu suka mara-marah, dikit-dikit menghadapi suatu perkara pakai emosi. Kenapa saya bisa melakukan hal itu? Karena dulu saya dalam mendidik anak tanpa ilmu,” terangnya saat menanggapi pernyataan Kak Adzkia (Putri Ustadzah Dini) karena dulu bete terhadap ibunya.

Oleh karenanya, Ustadzah Dini memiliki cita-cita mengajak anak dan keluarganya yaitu: Pertama, menjadi pendakwah untuk membela Islam. Kedua, menjadi khoiru ummah, sebagaimana dijelaskan dalam Qur’an surah Ali Imran ayat 110 terkait tiga syarat untuk menjadi umat terbaik. Ketiga, menguatkan akidah dan tsaqafah Islam.

BACA JUGA:   Ridwan Kamil: Pasar Sukatani jadi Contoh Pasar yang Luar Biasa

“Dengan memiliki cita-cita seperti ini, akan membangun keluarga yang islami, terutama sebagai orang tua akan memiliki ilmu dan tujuan dalam berumah tangga,” terangnya di hadapan sekitar 180 peserta Muslimah.

Menurutnya, “Dengan demikian dalam kehidupan, kita butuh dengan aturan Islam. Dengan aturan Islam maka hidup akan sejahtera. Oleh karena itu dalam hidup, kita butuh prinsip hidup yang Islami.”

“Jika dekat dengan Islam, maka tidak akan mudah stres, tidak tahu komunikasi ala Rasulullah akan kacau dan sistem kita tidak baik-baik, seperti pendidikan, sosial, ekonomi (sistem kesehatan, pendidikan, keamanan dan lain-lainnya). Dengan sistem yang sesuai dengan syariat Islam, maka akan sejahtera,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kurangi Dampak Kenaikan Harga BBM, Pemkot Depok Bakal Beri Bantuan

Ustazah Dini pun memiliki prinsip hidup dalam membangun keluarganya. Bahwa Umat terbaik itu 3A (Aqidah Islam, Al-Quran & As-Sunnah, Aulawiyat) dan 4K (Kuasai bahasa Arab dan Inggris, Kuasai sains & teknologi, Kuasai minimal 1 cabang olah raga, Kuasai keterampilan menulis).

Selain itu, ia memiliki prinsip hidup untuk membangun kebahagiaan, yaitu 3S (Senyum, Syukur dan Sukses).

“Dengan memiliki prinsip hidup seperti ini, akan membangun keluarga menjadi khoiru ummah, hidup produktif dan terbentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, pungkasnya. [Nayla]

Pos terkait