Memasuki Kehidupan Sesungguhnya

DEPOK POS – Masa transisi dimana seorang pelajar atau mahasiswa dari yang kehidupan nya masih di tanggung oleh orang tua kini sudah saat nya harus keluar dari zona nyaman dan mulai bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Itulah kehidupan, saat kalian tumbuh dewasa akan semakin banyak tantangan yang sudah menanti di depan. Apa saja yang perlu di persiapkan agar fikiran dan tubuh kita siap menerima kenyataan yang kadang tidak sesuai dengan ekspetasi kita di masa depan ?

Dalam definisi nya, kedewasaan berarti seseorang yang telah menyelesaikan masa pertumbuhan dan siap menerima kedudukannya di masyarakat luas bersama orang dewasa lainnya (Hurrlock,1996). Bahkan menurut Griffin, kedewasaan adalah sebuah problem. Hal yang dapat dilakukan bagi setiap orang yang sedang mengalami masa tersebut tentu harus menghadapi kenyataan tersebut dengan lapang dada, tetap kuat menerima setiap masalah dan tugas tugas berat serta tidak lari dari tanggung jawab.

Akan ada saat dimana kita menemukan kegagalan demi kegagalan dan akhirnya kita terlarut dalam depresi, namun hal tersebut tidaklah buruk, justru dari sekian banyak kegagalan yang dialami saat kita sedang berproses akan menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi ke depan nya. Maka bagi kalian yang sebentar lagi akan memasuki masa masa tersebut dapat mempersiapkan beberapa hal yang dapat membantu kalian dalam menghadapi segala macam tantangan di kehidupan sesungguh nya.

BACA JUGA:   Instagram sebagai Media Pemasaran yang Aktif

Pertama, jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang sudah kita miliki, karena sejatinya ilmu yang kita dapat di Pendidikan formal saja belum cukup untuk menjawab permintaan dunia kepada kita. Selain pendidikan formal, soft skill dan hard skill juga sangat dibutuhkan untuk menunjang karir kita kedepan nya, carilah hobi atau lihatlah kedalam diri kalian sendiri apa sebenarnya yang menjadi passion kalian. Karena dengan begitu seberat apapun tantangan yang akan di alami nanti akan terasa senang untuk di jalankan karena hal tersebut adalah passion kalian, karena di kerjakan dengan motivasi yang kuat dan kemampuan pada diri kalian sendiri tanpa adanya tekanan .

BACA JUGA:   Bagaimana Pengaruh Kepribadian Audiens terhadap Penyampaian Pesan Bisnis

Perbanyak lah relasi dengan orang orang yang lebih dewasa dari kita, menurut sebuah penelitian yang terbit dalam AARPP Reseach, dengan bergaul dengan mereka kita akan dapat mengetahui dengan jelas bagiamana lika liku kehidupan yang telah lebih dahulu mereka alami. Seperti hal nya dalam pepatah, ketika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka diri kita juga akan ikut wangi, hal ini juga berlaku ketika kita berteman dengan mereka yang lebih tua dan dewasa dari kita, tanpa sadar pertemanan tersebut dapat membuat kita juga akan bersikap lebih dewasa dari seharusnya.

Hal yang paling terpenting adalah hidup lah sesuai dengan kemampuan kalian, dengan kata lain kurangi gengsi. Tidak jarang kita temui di era seperti sekarang ketika kita hidup di lingkungan dengan gaya hidup diatas rata rata dan kita tidak memiliki mental yang kuat untuk menjadi diri kita sendiri, maka bersiaplah menghadapi kenyataan pahit. Gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuan kita secara tidak langsung akan menjatuhkan kita secara perlahan. Jangan menjadi orang yang serba ikut ikutan, jadikan hal tersebut sebagai motivasi agar diri kita menjadi lebih baik lagi kedepan nya, hal terpenting dalam sebuah relasi yang baik adalah mempelajari bagaimana cara orang yang sudah lebih dahulu sukses dari pada kita dapat meraih kesuksesan nya saat ini, bukan dengan mengikuti gaya hidup nya.

BACA JUGA:   Mengenal Dampak Krisis Global Terhadap Stunting serta Optimalisasi 1000 HPK sebagai Kunci Menuju Indonesia Bebas Stunting untuk Generasi Emas 2045

Itulah beberapa hal yang dapat kita terapkan sebelum memasuki dunia yang sesungguhnya, belajarlah untuk menentukan sikap yang dewasa sesulit apapun masalah yang kita hadapi nantinya, kurangi penggunaan emosi dan perasaan agar tidak memperparah suatu masalah. Pada intinya hidup ini akan terus mengalami pergantian generasi, anak kecil akan menjadi orang tua, pemimpin akan dipimpin, yang miskin bisa kaya dan sebaliknya. Maka tetaplah melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk sekitar.

Penulis: Luthfi Alwan Pratama

Pos terkait