Substansi Maqashid Syariah

DEPOK POS – Dalam kamus bahasa Arab, maqashad dan maqashid berasal dari akar kata qashd. Maqashid adalah kata yang menunjukkan banyak (jama’), mufradnya adalah maqashad yang berarti tujuan atau target.

Adapun menurut Istilah, yakni ungkapan menurut Imam ath Thahir ibnu ‘Asyur, maqashid syariah adalah makna atau hikmah yang bersumber dari Allah Swt. yang terjadi pada seluruh atau mayoritas ketentuan-Nya (bukan pada hukum tertentu).

BACA JUGA:   1.500 Penghafal Qur’an Ikuti Lomba Tahfidz Nasional Online Yayasan Amaliah Astra

Menurut al-‘Allamah ‘Ilal al-Fasi, maqashid syariah adalah tujuan atau rahasia Allah Swt. dalam setiap hukum syariat-Nya.

Ar-Risuni memberikan definisi maqashid syariah lebih jelas lagi yakni tujuan yang ingin dicapai oleh syariat ini untuk merealisasikan kemaslahatan hamba.

Untuk memperjelas makna maqashid syariah, perlu untuk dijelaskan istilah-istilah terkait dalam ushul fikih sebagaimana dijelaskan oleh asy-syaitibi dan Ibnu ‘Asyur, yakni :

BACA JUGA:   1.500 Penghafal Qur’an Ikuti Lomba Tahfidz Nasional Online Yayasan Amaliah Astra

⦁ Hikmah adalah tujuan ditetapkan atau ditiadakannya suatu hukum, seperti Ifthar (berbuka) sebagai hikmah dari adanya masyaqqoh (kesulitan)
⦁ Maslahat adalah setiap perkara yang memberikan kemanfaatan dan menghapus kemadharatan

Jadi dapat disimpulkan bahwa maqashid syariah adalah tujuan untuk merealisasikan maslahat (kebermanfaatan) dan menghindarkan mafsadah (kemudharatan) bagi setiap manusisa.Dan substansi maqashid syariah adalah maslahat.

Pos terkait