Rektor UPN Veteran: Peran Perguruan Tinggi Harus Berfungsi di Masyarakat

DEPOK POS – Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati mengatakan, dengan tema kolaborasi perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, dirinya menginginkan peran perguruan tinggi berfungsi di masyarakat. Baik sebagai fasilitator maupun sebagai pemberi edukasi.

“Targetnya yaitu bisa saling berikan manfaat antara dosen maupun mahasiswa ke pemerintah daerah. Pemkot banyak program-program yang bisa difasilitasi oleh potensi-potensi yang dimiliki perguruan tinggi. Mudah-mudahan kolaborasi ini bisa segera terimplementasi,” ujarnya, usai menjadi narasumber kegiatan Lembaga Peneliti dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Gedung Rektorat Kampus UPN Veteran, Jakarta Selatan, Senin (22/08/22).

BACA JUGA:   Smart City UI Kaji Aspek Kesehatan Indoor Air Quality dan Regulasi Pengendalian IAQ

Sementara Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Depok Dadang Wihana yang mewakili Wali Kota Depok menjelaskan isu strategis Kota Depok tahun 2022-2023, kondisi indikator makro tahun 2021, hingga kerja sama yang bisa dilakukan dengan UPN Veteran Jakarta.

“Kami juga paparkan terkait tingkat pengangguran terbuka Kota Depok tahun 2021 serta program unggulan Kota Depok. Semua ini untuk memberikan gambaran pembangunan di Kota Depok agar kerja sama yang akan dilakukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,” ujarnya.

BACA JUGA:   Aplikasi MAJA Mahasiswa FTUI Edukasi Energi Nuklir bagi Remaja

Dikatakannya, dari sisi penelitian, Pemkot berkewajiban menyiapkan materi yang dibutuhkan dari urusan pemerintahan. Sedangkan dari sisi pengabdian masyarakat, pihaknya akan identifikasi hal-hal yang sudah ada di UPN Veteran.

“Misal tadi dijelaskan ada pembuatan akrilik dari sampah plastik dan sudah ada pendampingan dari warga Kecamatan Limo, nanti akan kita kembangkan. Teknologi ini cukup baik, selain mereduksi sampah, juga bisa memiliki nilai guna. Kami akan siapkan langkah taktis hingga implementasi,” terangnya. []

Pos terkait