Perdana dan Istimewa, Wisuda Akbar Islamic Center Wadi Mubarak

DEPOK POS – Pagi itu sekitar pukul 07.00 WIB, seluruh peserta Wisuda Akbar, Tamu Undangan, Wali Santri dan segenap simpatisan yang mencapai 1500 orang turut memadati Hall Grand Smesco Hills Bogor yang terletak di Kampung Cipari Langoan, Cisarua, Bogor. (07/08/2022).

Wisuda Akbar kali ini memang sangat istimewa, karena melibatkan peserta wisudawan dari berbagai lembaga Pusat dan Cabang di bawah naungan Islamic Center Wadi Mubarak – ICWM, dari seluruh Indonesia.

Peserta yang diwisuda dalam acara ini sebanyak 363 wisudawan, meliputi Wisuda Program Sarjana (S-1) Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor (STIU WM) : 48 orang. Wisuda Huffazhul Qur’an Al-Karim jenjang SMP, SMU dan Program Kaderisasi Muhaffizh Wadi Mubarak (PKM WM) se-Indonesia: 96 orang. Wisuda Tahfizh Anak Usia Dini Sahabat Qur’an (TAUD SaQu) se-Indonesia : 163 orang dan Wisuda Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Sahabat Qur’an (MIT SaQu) se-Indonesia : 56 orang.

Turut meramaikan podium Wisuda Akbar juga adalah Peserta Huffazhul Wahyain ke VII. Wahyain merupakan istilah untuk 2 wahyu yaitu Al-Qur’an dan Hadits Rasul ﷺ. Jadi syarat untuk mengikuti Daurah ini adalah harus hafal 30 juz Al-Qur’an dan lancar. Daurah Huffazhul Wahyain kali ini adalah menghafal hadits Bukhari dan Muslim yang diikuti oleh 35 peserta se-Indonesia.

Dari total 363 wisudawan, terdapat 145 orang yang sudah hafal 30 Juz Al-Qur’an. Sebuah kesyukuran yang mendalam, dimana ICWM menerapkan standar Tahsin dan Tahfizh yang ketat dalam mengantarkan para santri mengkhatamkan 30 Juz hafalan Al-Qur’an.

BACA JUGA:   UI Teliti Karakteristik Perguruan Tinggi Berkelanjutan Secara Finansial

Wisudawan Terbaik dari STIU WM diraih oleh Thoriq Mumtaz. Wisudawan terbaik dari Pondok Cabang Islamic Center Wadi Mubarak diraih oleh; 1. Hairun Al Banjari, 2. Narendra Al Abidin dan 3. Muhammad Shaaffat. Kategori Peserta Lajnah (ujian tahfizh) terbaik untuk jenjang TAUD dan MIT diraih oleh Davian Zufar Al Muaeqly Khaula dari TAUD SaQu Albina Cirebon (hafal 3 juz), Arina Ulmiana Nur dari MIT SaQu Pusat (hafal 25 juz) dan Rizki Zaenul Syaban dari MIT SaQu Pusat (hafal 23 juz). Adapun 2 peserta terbaik dari Daurah Huffazhul Wahyain ke VII yang kini sedang berlangsung, akan mendapatkan apresiasi berupa Hadiah Umroh Gratis.

Turut hadir sebagai Tamu Kehormatan kali ini adalah H. Roid Kadir (Penasihat ICWM); Ir. Afriansyah Noor M.Si (Wakil Menteri Ketenagakerjaan); Profesor Doktor Ahmad ibn Abdullah al Ghunaiman – Syaikh Gunaiman (Guru Besar di Fakultas Aqidah Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia); Doktor Suhail ibn Muhammad Qosim Mishiming – Syaikh Suhail ( Asisten Profesor di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Ummul Qura’ Mekah); Kyai Muhammad Rofi’i Mukhlis (Ketua BKN NU-Barisan Kstaria Nusantara Nahdlatul Ulama); H. Arrie Triyono (Komisaris PT. Begawan Nusantara Properti); H. Eko Mujiarto SH. MH (Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan – DPKPP Kabupaten Bogor; H. Mifdhol Abdurrahman, Lc., M.H.I. (Direktur Utama PT Nur Ramadhan Wisata); Syaikh Abdullah dan Syaikh Muhammad (putra Syaikh Abdurrahman Bakr-pengarang Kitab Attibyan); H. Heru Purnomo (Owner HJ Karpet), dls

BACA JUGA:   Peran Analis Bibliometrik dalam Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Perguruan Tinggi

“Selamat dan sukses kepada para wisudawan. Momen seperti inilah yang hendaknya ditunggu dan dibanggakan oleh umat islam. Sistem pendidikan ideal adalah lembaga yang menerapkan sistem pendidikan sejak dini, sekolah menengah hingga sekolah tinggi sebagaimana yang diterapkan oleh Wadi Mubarak. Wisuda yang kini dilakukan adalah langkah awal dan bukan langkah akhir dari perjalanan menuntut ilmu. Jadikan ilmu yang telah dipelajari sebagai bekal dasar dalam mengamalkan dan mendakwahkan ilmu kepada masyarakat. Selamat kepada para Guru, Pengasuh, dan semua yang ikut andil dalam menyukseskan lembaga pendidikan ini, semoga seluruh pengorbanan dan apa yang telah diajarkan menjadi amalan pemberat timbangan surga kelak”, demikian pesan dari Profesor Doktor Ahmad ibn Abdullah al Ghunaiman – Syaikh Gunaiman (Guru Besar di Fakultas Aqidah Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia) dalam Sambutan Wisuda Akbar.

Wakil Mentri Ketenagakerjaan Ir. Afriansyah Noor, M.Si yang turut hadir dan dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat besar dengan dilaksanakannya Wisuda Akbar ini dan beliau pun berharap para santri yang telah lulus dari pondok pesantren agar tetap mengasah skill ketrampilan sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

H. Arrie Triyono (Komisaris PT. Begawan Nusantara Properti) dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan terus mendukung kegiatan Islamic Center Wadi Mubarak melalui bidang perekonomian, sehingga kebutuhan ICWM yang sangat besar dapat tercukupi dengan kemandiriannya.

BACA JUGA:   Persiapan yang Perlu Diperhatikan Pasca Aturan Baru Seleksi Masuk PTN

Di akhir sesi sambutan, Pimpinan ICWM- KH. Dr. Didik Hariyanto, Lc., M.P.I mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir. “Kerjasama dan silaturahim yang seperti inilah yang dapat menguatkan kita untuk membawa Indonesia menjadi negara yang dicintai Allah ﷻ, yang akan membawa kepada kemakmuran rakyatnya.” Imbuh beliau.

Tak lupa pula beliau memotivasi para wisudawan untuk tetap istiqamah di jalan Al-Qur’an, terlebih di usia muda yang akan menjadikan umat ini akan menjadi umat yang kuat dan akan dapat mengulang kisah sukses ulama-ulama Indonesia tempo dahulu yang sukses di tanah suci Mekah dan Madinah.

Kemeriahan Wisuda Akbar ini tampak juga dari deretan karangan bunga ucapan selamat dan sukses dari berbagai instansi dan mitra kerja, antara lain dari: Wakil Menteri Ketenagakerjaan Ir. Afriansyah Noor, M.Si; Yayasan Hajjah Hasmah Noor; PT Lan Tabur Utama Wisata – Travel Haji & Umroh; PT. NUR RAMADHAN WISATA – Travel Haji & Umroh; PT Anugerah Citra Mulia – Travel Haji & Umroh; Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor ( STIU WM); Mahabbah Boarding School; TAUD SaQu Wadi Mubarak; MIT SaQu Wadi Mubarak; Ma’had Sulthon Al Islami (MSI); Ma’had Sabilul Qur’an Bogor; Wisata Qur’an; Graha Qur’an; Ma’had Tahfizh Intensif Imtiaz; dan lain sebagainya. []

Pos terkait