Bantu Dirimu Menjadi Lebih Berkembang dengan Banyak Membaca

DEPOK POS – Di era digital hari ini kita akan dapat menemukan betapa banyak dan berlimpahnya sebuah informasi. Dapat diakses dengan begitu mudah dan hadir dalam informasi yang terbaru. Tentunya dengan informasi yang serba melimpah ini dapat membuat setiap insan menjadi lebih cerdas dan bijak dalam berbagai kehidupan.

Nyatanya tidak sesederhana itu, mengingat masyarakat Indonesia termasuk ke dalam Negara yang tergolong rendah dalam minat baca yang menjadi alasan dan faktor mengapa mudah tersebarnya berita yang tidak benar dan perpecahan antar suku dan ras karena kesalahan dalam memahami dan memaknai suatu informasi tanpa adanya saringan informasi.

Padahal Indonesia termasuk ke dalam Negara Ke-2 di dunia yang memiliki perpustakaan terbanyak di dunia, namun karena belum diiringi dengan minat baca yang tinggi, fasilitas yang cukup banyak tersebut tidak dapat dimaksimalkan dengan baik.

Sangat disayangkan memang dengan kondisi yang seperti itu karena dengan membaca buku ataupun membaca banyak hal seseorang dapat berkembang menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya. Meskipun saat ini sudah banyak media seperti video pendek ataupun melalui poster yang menarik yang menyajikan berbagai informasi, membaca buku masih dapat relevan di saat ini sebagai ajang untuk menambah informasi dan meningkatkan kemampuan diri.

Mengingat dalam sejarah umat manusia yang cukup panjang, saat dimana manusia mulai hidup dengan keterbatasan hingga hari ini memiliki berbagai kemampuan yang tiada batas semua itu dicapai saat seorang manusia belajar. Kemampuan terbaik yang dimiliki oleh manusia adalah kemampuan untuk belajar. Belajar dari pengalaman maupun kesalahan serta menyiapkan untuk masa depan.

Kemampuan belajar manusia inilah yang dapat membuatnya terus bertahan dari waktu ke waktu dan seiring perubahan zaman. Manusia merupakan makhluk hidup yang dapat terus berkembang dengan kemampuan belajarnya. Jika kita mengingat dahulu manusia memiliki ketakutan saat bertemu dengan binatang buas karena berisiko kematian, hari ini dengan kemampuan belajarnya manusia dapat menemukan solusi bagaimana manusia dapat bertahan, meskipun memiliki lawan yang badannya lebih besar dan lebih kuat.

Pertanyaannya adalah bagaimana seorang manusia dapat belajar ? Yups, manusia dapat belajar dengan membaca. Saat dimana manusia dapat mengenal aksara pada saat itulah kemajuan yang dialami manusia dapat berkembang lebih cepat. Adanya aksara maupun tulisan dapat menjadi penghubung ataupun perantara untuk setiap manusia di zaman itu untuk memberikan warisan kepada generasi setelahnya dengan kemajuan yang mereka buat.

Adanya aksara membuat kemajuan dalam peradaban manusia dan menjadikan peraban manusia bergerak maju.

Tentu saja dengan berbagai perubahan zaman, manusia dapat terus berkembang lebih jauh daripada sebelumnya. Namun tanpa adanya orang – orang yang berilmu pengetahuan dan gemar membaca peradaban tersebut akan cenderung stagnan dan tidak bergerak maju ke depan.

Berbicara soal sejarah, seringkali kejadian – kejadian yang terjadi adalah pengulangan dari apa yang dahulunya sudah pernah terjadi. Dan mereka yang gemar untuk membaca dapat mengantisipasi hal – hal buruk yang akan terjadi di depan dan memiliki mitigasi rencana yang lebih baik saat hal buruk itu benar – benar akan terjadi.

Sebuah pepatah yang seringkali kita dengar, orang hebat adalah mereka yang belajar dari kegagalan dan orang bijak adalah mereka yang belajar dari kesalahan orang lain serta orang bodoh adalah mereka yang sama sekali tidak belajar dari kegagalan.

Banyak cara untuk berkembang yaitu dengan bertemu dengan banyak orang, melakukan perjalanan, diskusi dan berbagai hal lainnya. Namun, saat seseorang tidak membaca maka ia akan cenderung lebih stagnan dan mungkin menjadi tidak relevan dengan zaman.

Membaca adalah sebuah proses untuk mendapatkan hasil yang cukup panjang, tidak seperti hal lainnya yang langsung mendapatkan hasil yang jelas. Membaca adalah sebuah proses yang akan mengembangkan pola pikir, memberikan kesempatan untuk belajar hal yang berbeda secara lebih banyak dan perubahan pola pikir inilah yang dapat mengubah seseorang.

Perubahan pola pikir akan merubah kebiasaan dan kebiasaan akan menjadi sebuah rutinitas yang akan menentukan hasil seperti apa yang akan didapat.

Membaca buku mungkin akan terlihat sedikit membosankan, namun saat seseorang dapat menyadari perubahan yang terjadi pada dirinya, maka akan sulit sekali untuk berhenti dari membaca. Oleh karena itu, mulailah membaca buku karena dengan membaca kamu dapat memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik dan kesempatan untuk berubah serta berkembang.

Oleh : Muhammad Hazim Ismail
Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI

Pos terkait