5 Tips Menjadi Mahasiswa Tangguh

DEPOK POS – Mahasiswa bukan hanya dituntut untuk belajar, namun dituntut untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selain itu mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan permasalahan dan mengabdi pada masyarakat.

Sebagai Mahasiswa tentunya kita harus mempelajari banyak ilmu. Baik pengalaman maupun materi. Mimpi adalah puncak, sebab apa yang kalian capai ada sebuah proses dimana proses itulah yang membentuk tujuan hidup. Nah bagi kalian yang ingin menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi segera persiapkan beberapa tips agar tetap fokus, positif, dan termotivasi dalam segala hal. Berikut tips nya :

Tidak Mudah Menyerah

Salah satu kunci kesuksesan adalah pantang menyerah. Orang sukses tidak pernah menyerah, dan orang yang menyerah tidak pernah sukses. Pepatah mengatakan “setiap orang sukses, sebelumnya mereka juga bukan apa-apa. Tetapi menolak menyerah pada mimpinya”. Dapat disimpulkan bahwa jangan pernah menyerah pada setiap keadaan. Kita tahu jalan hidup cerita kita tidak ada yang berjalan dengan sempurna dan pasti ada banyak rintangannya. Tinggal bagaimana cara kita melewati rintangan itu, menyerah atau menghadapinya? Jika seorang pelajar mudah menyerah karena hal-hal sepele berati dia belum siap menjadi mahasiswa, hehehe semangat.

Memilki Manajemen Waktu yang Baik

Waktu sangat berharga dan tidak bisa di ulang kembali. Kehidupan mahasiswa sudah berbeda ranah dengan kehidupan sekolah SMA pada umumnya. Katakan saja di sekolah SMA dahulu kita hanya mendengar pelajaran ketika guru menjelaskan dan mengerjakan tugas kemudian dikumpulkan. Namun di kampus, kita dididik untuk bisa mengasah, menganalisis dan membaca situasi untuk mendapat pengajaran mata kuliah. Belum lagi berkecimpung dalam dunia organisasi mahasiswa. Terkadang bentrok dengan jadwal perkuliahan, kamu akan pilih yang mana? Pastikan kamu tahu mana yang harus di prioritaskan.

Rajin Mencari Informasi Terbaru

Pepatah mengatakan “Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan selalu memenangkan pertempuran” Seorang mahasiswa tidak boleh GAPTEK (gagap teknologi). Agar tidak tertinggal informasi, kita harus rajin mencari info-info terbaru pada setiap kejadian. Cari saja berita yang sedang hangat pada halaman website. Jika bukan tugas, toh tidak ada salahnya membaca, dan membantu menambah wawasan. Pentingnya mencari informasi juga adalah salah satu cara agar tidak termakan fitnah dan tidak semena-mena langsung percaya saja pada berita tersebut, bisa mencari solusi pada info berita lainnya.

Manfaatkan Setiap Kesempatan

Waktu tidak bisa terulang dan kesempatan tidak datang dua kali. “jika jantungmu masih berdetak, maka artinya kamu masih punya kesempatan”. Kesempatan ibarat emas yang terletak pada tepi jurang, hanya orang pilihan yang dapat mengambilnya dan memanfaatkan usaha yang ia miliki. Dengan memanfaatkan kesempatan yang ada, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman baru tetapi juga relasi baru. So, mulai sekarang cari peluang dan masuklah ke dalamnya. Manfaatkan kesempatan yang ada dihadapanmu. Jangan takut. Coba, coba dan terus mencoba.

Peka Membaca Situasi

Seorang mahasiswa harus sadar dimana ia berdiri. Dimana ia berada disitu ia harus bermanfaat bagi sekitarnya, karena mahasiswa mempunyai pola pikir yang baik untuk dijadikan acuan. Menjadi mahasiswa membutuhkan kepekaan terhadap sekitar. Hal ini diperlukan agar bisa memberikan reaksi tepat dalam berbagai kondisi yang terjadi. Peka membaca situasi juga akan memudahkan ketika terjun di dunia kerja nantinya. Pelajari sekitar dan jadilah yang terbaik

Itulah 5 tips yang perlu diketahui oleh mahasiswa. Cobalah untuk fokus hingga bisa sampai di titik akhir! Semoga bermanfaat.

Hilwa Nur Faizah

Pos terkait