Pentingnya Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Pentingnya Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

DEPOK POS – Kesehatan adalah suatu hal yang mendasar dalam hidup manusia. Banyak orang sakit dan keluarganya yang mengorbankan segala harta benda mereka untuk mencari kesembuhan. Begitu pentingnya arti kesehatan sehingga ada orang memilih lebih baik mati daripada hidup tidak sehat dan tidak dapat melakukan apa-apa (Refdinal, 2006:2).
Menjaga kesehatan itu sangatlah penting, apalagi di masa pandemi seperti ini. Karena di masa pandemi ini banyak keluarga yang kehilangan orang yang tersayangnya, bahkan anak kecil yang sudah ditinggalkan oleh kedua orangtua nya karena terpapar covid-19.
Mungkin agak susah untuk menjaga kesehatan, karena di zaman now ini banyak makanan instan yang mengandung MSG, atau junk food. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat, maka berpengaruh juga dengan kesehatan. Apalagi di masa pandemi ini, kita harus menjaga pola makan (4 sehat 5 sempurna), dan olahraga.
Agar tubuh yang ada di diri kita sehat, dan imun kita pun terjaga. Covid- 19 itu berpengaruh juga dengan pola hidup kita sehari-hari, bukan hanya tidak boleh bertemu dengan orang banyak, tetapi juga pola hidup, seperti; makanan yang sehat, olahraga, istirahat, dan tidur tepat waktu.
Bagaimana sih, untuk menjaga pola hidup kita di masa pandemi ini :

BACA JUGA:   Strategi untuk Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Stunting Melalui Media Sosial Konten Humor

Menjaga pola makan

Untuk dapat melaksanakan pola hidup sehat apalagi dimasa pandemi ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan pola makanan sehat. Bukan hanya makanan yang sehat saja, tetapi makan dengan secara teratur.

Apa saja sih makanan sehat yang harus kita konsumsi ?

⦁ Buah dan Sayur mengandung beberapa vitamin, mineral, serat, dan zat aktif yang esensial bagi tubuh, khususnya sistem imun.
⦁ Minum air, air mineral membantu untuk mengedarkan nutrisi dan komponen-komponen penting dalam darah ke seluruh tubuh. Serta cairan juga memainkan peran dalam mengatur suhu tubuh.
⦁ Jangan komsumsi lemak serta minyak berlebihan, mengapa? Karena tidak semua lemak itu sehat dan memiliki efek positif terhadap tubuh kita.
⦁ Kurangilah makanan yang dari luar, maksudnya lebih baik kita memakan makanan yang dari rumah. Dengan kita makan di rumah, risiko terhadap covid-19 bisa dikurangi. Dan hindari makanan yang berjenis junkfood.

BACA JUGA:   Penciptaan Program “TaBiru” sebagai Peningkatan Pola Makan Sehat dan Pengurangan Masalah Gizi Berbasis Teknologi

Menjaga pola tidur

Kenapa kita harus menjaga pola tidur? Karena kita sebagai makhluk hidup pasti membutuhkan yang namanya istirahat yang cukup. Kita bukan seperti robot yang bisa bekerja kapan pun jika sang tuan perintahkan. Terkadang penyakit datang karena kitanya yang kurang istirahat atau suka bergadang. Bergadang boleh saja, tetapi jangan keseringan bergadang. Menjaga pola tidur yang cukup agar imun kita terjaga.

Olahraga

Olahraga juga dapat menghindarkan kita dari jenis penyakit, seperti; jantung, diabetes, darah tinggi, dan penyakit yang kemungkinan besar dapat terjadi pada masa pandemik Covid-29 karena kurangnya aktivitas fisik masyarakat yang cenderung menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, menggunakan handphone, dan bermain game, sehingga berisiko mengalami penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:   Pentingnya Gizi yang Seimbang bagi Pertumbuhan Anak untuk Mencegah Stunting dan Cara Memenuhinya

Menuruti protokol

Disaat pandemi ini, kita juga harus menjaga jarak dengan orang sekitar agar kita dapat terhindar dari covid-19, kita juga harus memakai masker jika berpegian, selalu membawa hand sanitizer.

Selalu berpikir positif

Karena berpikir positif membuat kita itu tenang, dan tentram. Jika kita berpikir negatif maka kita akan stres, jika stres maka dampaknya itu adalah kesehatan kita.
Nah itulah tips atau solusi agar kita bisa hidup sehat di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua, ingat hidup sehat itu mahal maka kita harus jaga dan jangan kita sia-siakan kesehatan kita. [Athilla Dhia Ramadhanti]

Pos terkait