Pentingnya Cuci Tangan di Masa Pandemi Ini

Pentingnya Cuci Tangan Di Masa Pandemi Ini

DEPOK POS – Menjaga Kesehatan tubuh itu adalah hal yang sangat penting, apalagi disaat masa pandemi seperti sekarang. Dalam menjaga kesehatan tubuh itu bisa dimulai dari hal-hal yang paling sederhana, contohnya mencuci tangan. Maka dari itu, mari kita mencuci tangan dengan rutin dan jadikan sebagai kebiasaan sehari-hari.

Tangan adalah bagian organ tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dari tangan inilah kita biasanya gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Tapi , dari tangan jugalah berbagai virus dan penyakit bisa menular.

Bacaan Lainnya

Tanpa kita sadari segala aktivitas sehari-hari membuat tangan kita selalu bersentuhan. Mulai dari berjabat tangan dengan orang lain, megang gagang pintu, laptop, pulpen dan benda-benda lainnya. Dan juga kita tidak pernah tau, apakah benda-benda yang kita pegang itu ada virusnya atau tidak.

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Mencuci tangan pakai sabun adalah salah satu upaya pencegahan melalui tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun. Tangan manusia seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang atau dari alam ke orang lain melalui kontak langsung ataupun tidak langsung.

Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga Kesehatan dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya mengakibatkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, namun penggunaan sabun menjadi lebih efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup.

Mencuci tangan dapat membuat anda tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan dan diare dari satu orang ke orang lain. Kuman dapat menyebar dari orang lain atau permukaan saat anda:

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

⦁ Menyentuh mata, hidung dan mulut anda dengan tangan yang tidak dicuci
⦁ Makan atau menyiapkan makanan dan minuman dengan tangan yang tidak dicuci
⦁ Menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi
⦁ Mengesang, batuk atau bersin ke tangan dan kemudian menyentuh tangan orang lain atau benda-benda.

Untuk mencegah virus itu berpindah kedalam tubuh kita, sebaiknya kita lakukan cuci tangan menggunakan sabun disetiap kesempatan, terutama sebelum dan sesudah makan. Dimasa sekarang ini virus corona ( Covid – 19 ) sedang merajarelanya di dunia, apalagi di Indonesia. Dan cuci tangan adalah salah satu solusi untuk pencegahan penularan virus tersebut.

Menurut WHO ( World Health Organization ), mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik. Berikut 7 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO untuk mencegah infeksi virus, kuman dan bakteri :

⦁ Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapak tangan.
⦁ Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan.
⦁ Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.
⦁ Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.
⦁ Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.
⦁ Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.
⦁ Gosokkan jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya

BACA JUGA:  Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil seperti ini, karena hal kecil seperti ini bisa mempengaruhi kesehatan kita. Untuk itu, mulai sekarang biasakanlah cuci tangan sejak sekarang. Lakukan mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang sekitar kita. [Mohamad Ilham Habibie]

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait