Penting! Perhatikan 5 Hal Ini Menuju Kesuksesan

DEPOKPOS – Sukses adalah posisi dimana kita telah menjadi seseorang sesuai dengan apa yang kita impikan. Setiap orang pasti memiliki impian untuk menjadi orang sukses. Karena kesuksesan adalah sumber motivasi utama yang membuat seseorang memiliki harapan hidup yang lebih baik.
Kesuksesan hidup dapat kita capai dengan melalui tahapan-tahapan pencapaiannya. Terdapat 5 tangga pencapaian yang harus kita tempuh satu persatu, diantaranya yaitu niat, ide, aksi, pencapaian dan evaluasi.
Niat
Hadits Arba’in yang pertama mengajarkan kita bahwa setiap perbuatan akan menjadi ibadah apabila diawali dengan niat. Begitu juga dengan kesuksesan, untuk mencapainya harus selalu dilandasi dengan niat untuk mancari ridha Allah.swt.
Tanpa adanya niat, kesuksesan yang telah kita bangun bertahun-tahun akan mudah goyah bahkan hancur seperti istana pasir yang diterpa ombak. Kesuksesan yang dibangunpun bukan menguntungkan akan tetapi malah lebih banyak merugikan orang lain.
Ide
Setelah kita memiliki niat yang baik, maka selanjutnya yang harus kita tempuh adalah tangga ide. Agar terwujudnya niat, dibutuhkan sebuah ide. Ciptakanlah sebuah ide yang menarik atau dengan memodifikasi ide-ide dari orang lain. Terus kembangkan ide tersebut dan susun strategi yang tepat agar ide yang didapatkan berhasil dalam pelaksanaannya.
Aksi
Sebuah ide tanpa adanya aksi hanya akan menjadi angan-angan. Ide yang telah disusun menjadi strategi harus segera direalisasikan. Dengan aksi kita bisa menyulap ide yang telah disusun menjadi kenyataan yang kita impikan. Untuk memulai aksi kita perlu nyali dan keberanian. Tingginya kesuksesan yang bisa kita capai dapat ditentukan dari seberapa beraninya kita mengambil sebuah tindakan.
Pencapaian
Ketika tindakan telah terrealisasikan maka ditahap inilah kita akan mendapatkan hasil yang telah di susun sejak awal. Terdapat dua kemungkinan hasil dari pencapaian tersebut, bisa saja sukses ataupun gagal. Terkadang sebuah pencapaian bisa kita dapatkan dengan campur tangan orang lain. Dengan adanya orang lain ketika kita mengambil keputusan harus selalu ada kesepakatan dengan mereka. Dengan begitu kita lebih bisa melakukan aksi yang benar dan terukur untuk mendapatkan kemenangan.
Evaluasi
Tahap terakhir yang perlu kita tempuh adalah evaluasi. Untuk mencapai kesuksesan kita juga sangat memerlukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana perkembangan target-target yang telah kita susun. Ketika target tersebut mencapai kesuksesan yang kita inginkan, maka dengan kesuksesan ini kita harus bisa mempertahankan dan tetap bersyukur atas kesuksesan yang kita dapatkan. Namun, ketika target-target itu menghasilkan sebuah kegagalan kita harus tetap berusaha. Dengan kegagalan kita masih bisa belajar untuk menerapkan strategi-strategi baru. Terus lakukan evaluasi apa yang harus diperbaiki sampai akhirnya kita mendapatkan kesuksesan sebagimana yang kita impikan.
Setelah melewati tangga evaluasi, apabila berhasil tetap pertahankan namun apabila mengalami kegagalan kembali cari strategi-strategi baru jangan sampai berhenti karena satu kegagalan. Karena kesuksesan tidak bisa didapatkan dengan begitu saja. Kesuksesan akan kita dapatkan dengan bertahap. Terus tapaki satu persatu setiap tingkatan sampai pada tingkat akhir. [Anggi Repangga Hakim]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.