5 Jurusan Kuliah yang Paling Diincar dengan Prospek Gaji yang Tinggi

DEPOKPOS – Dalam memilih jurusan kuliah ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, Selain sesuai dengan minat, Kamu bisa memilih jurusan sesuai prospek kerja di masa depan nati lhoo. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang ingin hidup nyaman dan memiliki pekerjaan yang mapan di masa depan nanti, Mereka berpikir bahwa dengan mempunyai gaji tinggi di masa depan, Mereka bisa hidup dengan nyaman dan mapan. Jadi jangan heran jika banyak siswa maupun orangtua yang berlomba lomba untuk masuk jurusan tersebut. Penasaran jurusan apa saja yang memiliki prospek gaji tinggi ?
Berikut 5 jurusan kuliah yang paling diincar dengan prospek gaji yang tinggi:
Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Lulusan teknik pertambangan dan perminyakan memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan gaji yang besar. Bagaimana tidak, kamu dapat bekerja di perusahaan besar di Indonesia seperti Pertamina hingga Chevron. Rata-rata gaji yang diperoleh seseorang yang bekerja di sektor perminyakan bisa mencapai Rp 762 juta per tahunnya. Jika tertarik dengan jurusan tersebut, Kamu bisa memilih beberapa kampus diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB) atau di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan kampus lainnya yang memiliki jurusan ini.
Teknik Elektro
Jurusan atau program studi ini adalah bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism.
Lulusan jurusan ini dapat menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak lagi. Lulusan teknik elektro dapat memperoleh pendapatan mulai dari Rp. 402 juta – Rp 802 juta per tahunnya lohh. Jika tertarik dengan jurusan tersebut, Kamu bisa memilih beberapa kampus diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB) atau di Universitas Indonesia (UI) dan kampus lainnya yang memiliki jurusan ini.
Kedokteran
Program studi Pendidikan Dokter (atau lebih dikenal dengan Kedokteran) adalah salah satu prodi yang tiap tahun selalu banyak peminatnya. Di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. Meskipun masuk di jurusan dokter ini sangat susah dan membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi tidak dapat dipungkiri profesi dokter ini sangat dibutuhkan di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Menjadi seorsng dokter akan memberikan kalian kesempatan yang luas untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.
Gaji seorang dokter di rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta perbulannya, apalagi jika kalian menjadi dokter spesialis. Rata-rata penghasilan seorang dokter bisa mencapai Rp 585 juta per tahunnya. Kamu bisa mengambil jurusan tersebut di berbagai kampus ternama di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI) atau Universitas Gajah Mada (UGM) dan kampus lainnya.
Fisika
diminati oleh banyak orang. Jurusan ini nantinya akan melahirkan para peneliti yang luar biasa. Untuk itu lulusan fisika sangat dicari di berbagai sektor baik di Indonesia maupun di mancanegara. Gaji di jurusan fisika sendiri bisa mencapai Rp 480 juta per tahunnya. Jika kamu tertarik dengan jurusan tersebut kamu bisa mengambil jurusan ini di berbagai kampus ternama di Indonesia diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan masih banyak kampus lainnya.
Psikologi
Setiap perusahaan baik corporate maupun startup tentu membutuhkan seorang HRD untuk mengelola sumber daya manusia, salah satunya yaitu mengembangkan SDM agar dapat bekerja secara terstruktur dan mencapai tujuan perusahaan. Untuk bisa bekerja sebagai HRD, kamu harus mengambil jurusan kuliah psikologi untuk dapat mempelajari karakteristik seseorang. Hal tersebut bertujuan agar karyawan yang direkrut sesuai dengan pekerjaan. Tak heran kalau jurusan kuliah yang satu ini banyak diminati orang, salah satunya juga karena bisa menghasilkan gaji yang besar.
Rata-rata untuk gaji di jurusan ini sekitar Rp 580 juta per tahunnya. Jka kamu tertarik dengan jurusan tersebut kamu bisa mengambil jurusan ini di berbagai kampus ternama di Indonesia diantaranya Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan masih banyak kampus lainnya.
Nah jadi itulah 5 jurusan kuliah yang paling diincar karena prospek gaji yang tinggi, Bagaimana menurut kalian, Apakah kalian ingin kuliah di salah satu jurusan tersebut? Yang dimana ingin mendapatkan gaji tertinggi atau kalian emang tertarik nih dan mempunyai passion di jurusan yang disebutin diatas, So apapun jawaban kalian, semoga kalian bisa mendapatkan jurusan yang sesuai dengan kalian dan tetap semangat!! [Ghefira Tsurayya]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.