Let’s Talk About Skills!

Ada beberapa pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh diri kita sendiri, pertanyaan yang mungkin tidak bisa dijawab oleh orang lain, karena sejatinya pertanyaan itu berkaitan dan berkesinambungan dengan diri kita, mungkin seperti pertanyaan “apa mimpimu? “apa skill yang kamu miliki?” “apa bakat kamu?” dan pertanyaan sejenisnya yang memang menanyakan tentang apa yang ada pada diri kita. Kebanyakan orang ketika disajikan pertanyaan seperti itu, mendadak akan menjadi bingung, linglung, dan mungkin tidak percaya diri untuk menjawabnya, sehingga mereka bertanya-tanya pada diri mereka sendiri “eh iya aku punya skill apa ya?” “kayaknya aku engga punya skill deh”.
Mungkin jika di era sekarang skill yang kebanyakan orang miliki itu nge-design, menulis, public speaking, tapi tanpa kita sadari ternyata hobi juga bisa dijadikan sebuah skill, contohnya di era pandemi mendadak orang-orang jadi hobi berkebun dan bercocok tanam, sehingga yang awalnya kita tidak tahu tentang tanam-menanam menjadi tahu, tahu bagaimana borcocok tanam yang baik, bagaimana cara memilih pupuk yang baik, dan bahkan jadi tau nama-nama dan jenis tanaman. Itu juga termasuk skill, tinggal bagaimana kita mempraktikkan dan mendalami lebih dalam.
Perlu diinggat bahwa tidak ada skill yang cocok seratus persen dengan diri kita, dan tidak ada skill yang memberikan kenikmatan utuh, it’s all about trying and the willing to accept the struggle. Pasti ada aja jatuh bangunnya untuk mendalami skill yang kita punya dan semuanya tidaklah instan, misal seorang designer terkenal pasti ketika dia mendalami skill yang dia punya ada titik jenuh dan rasa ingin menyerah, tapi tentu saja dia tidak menyerah dan akhirnya bisa survive menjadi seorang designer terkenal. Begitu juga dengan kita dengan skill yang sedang kita jalani dan tekuni tidak akan ada seratus persen kecocokan dan itu sebuah kenormalan.
Ayo tetap semangat dan mencoba untuk selalu mensyukuri apa yang telah kita peroleh, walau kadang ada kalanya gagal dan kecewa IT’S OKAY YOU WILL OVER COME IT AND COMING BACK STRONGER AND STRONGER. [Khansa Az Zahra/STEI SEBI]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.