Jangan Sia-siakan Masa Muda, Lakukan Hal Ini

Pepatah bilang, masa muda adalah cerminan di hari tua. Artinya, apa yang kamu jalani saat ini sangat berpengaruh terhadap masa tuamu kelak. Jika kamu ingin kehidupanmu nanti mapan dan bahagia, tentu kamu harus mempersiapkannya sejak dini. Karena bagaimana pun, segalanya sesuatu itu butuh proses. Gak ada hasil yang instan.
Namun sayang, banyak remaja yang kurang menyadari akan hal tersebut. Terkadang di usia muda, mereka yang merasa masih memiliki kelapangan usia, cenderung menyia-nyiakan banyak hal tanpa disadari. Sehingga tak jarang, sikap itu menimbulkan penyesalan di kemudian hari.
Lakukan Beberapa hal-hal yang disia-siakan oleh masa muda kita:
Membangun Relasi
Karena cerdas saja tidak cukup, kamu harus pandai bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain. selain itu, kamu juga harus bisa mengenali bagaimana karakter mereka. Membangun relasi dengan siapapun karena kita tidak tahu, nantinya mereka akan menjadi apa. Bahkan yang kamu anggap buruk, bisa jadi dia sebenarnya punya jiwa sukses. Jangan pernah segan untuk menyapa orang terlebih dulu.
Tentukan Passion
Banyak sekali belenggu untuk menentukan pilihan hidup, mulai dari kata orang, dan mengikuti orang. Jangan lakukan lagi, kamu tidak akan maju jika begitu. Tentukan passion-mu yang berasal dari niat dan hati. Ketika kamu sudah menemukannya, ikutilah kegiatan yang bisa berbagi pengalaman.
Rasa Ingin Tahu
Perbanyaklah rasa ingin tahumu, entah tentang pengetahuan, pergaulan, dan lingkungan. Namun kamu juga harus hati–hati, jangan nantinya kamu malah terjebak karena rasa ingin tahumu itu.
Manfaatkan Liburan
Liburan merupakan hal yang paling menyenangkan. Jangan kamu gunakan liburanmu untuk bermalas-malasan. Pergilah ke suatu tempat, merasakan udara sejuk, carilah inspirasi untuk menambah semangatmu. Atau kamu bisa pergi ke tempat yang dapat menambah wawasanmu.
Cari Pengalaman
Bicara tentang pengalaman, sebenarnya sangatlah mudah. Jika kamu ada kemauan, pengalaman pasti akan selalu ada. Di setiap kamu mengikuti suatu kegiatan positif, pergi ke suatu tempat, bertemu dengan orang baru, itu juga pengalaman. Jadi perbanyaklah relasimu, agar pengalaman yang kamu dapatkan juga banyak dan bermanfaat. [Indriani Wahyu Ningsih/SEBI]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.