Pentingnya Internal Audit Bagi Perusahaan

Pertanggungjawaban merupakan sesuatu yang harus dilakukan baik setiap individu ataupun organisasi. Karena hal tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan seseorang terhadapnya. Sama halnya seperti perusahaan yang harus membuat laporan keuangan di akhir tahun periode atas segala aktivitas ataupun transaksi yang telah di lakukan. Dengan adanya pengawasan internal perusahaan mampu untuk memilihara aktivaitasnya dari bentuk kecurangan. Sehingga laporan keuangan yang dibuat sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Menurut (Daniel Sutanto, 2013) Pentingnya suatu pengendalian internal saat ini adalah hal yang wajib untuk dimiliki oleh setiap perusahaan, baik perusahaan swasta maupun negeri. Pengendalian internal yang dilakukan melalui audit internal adalah membantu perusahaan dalam memelihara suatu pengendalian internal yang efektif dengan cara mengevaluasi kecukupan, efisiensi, dan efektivitas pengendalian tersebut, serta mendorong peningkatan pengendalian secara berkesinambungan. Fungsi audit internal memastikan sejauh mana sasaran dan tujuan program serta kegiatan operasi telah ditetapkan dan dijalankan dengan sasaran dan tujuan perusahaan.
Selain itu adanya pengendalian internal juga dapat membuat perusahaan tetap bertahan dalam melakukan aktivitas perusahaannya. Karena segala aktivitas perusahaan akan diawasi dan jauh dari kecurangan.. Dengan begitu perusahaan diharapkan mampu mempublish laporan keuangan tepat yang dapat membuat investor lebih percaya untuk menanamkan modal di perusahaan tersebut. Dan dapat meyakinkan para kreditur untuk mengambil keputusan pemberian kredit.
Berikut manfaat audit internal bagi perusahaan ;
Menunjukkan perusahaan yang taat hukum
Dengan adanya audit internal perusahaan akan lebih mengoptimalkan kegiatannya sesaui dengan aturan yang ada . Misal dengan membuat laporan keungan sesui dengan PSAK yang berlaku. Internal audit juga merupakan persiapan sebelum ekternal audit. Jika laporan yang dihasilkan sudah baik dan tepat , klien atau pun konsumen akan memberikan nilai lebih terhadap perusahaan.
Membantu anggota perusahaan melakukan tugasnya dengan efektif
Fungsi adanya audit internal juga dapat membantu para anggota perusahaan melakukan tugsnya dengan efektif dengan memberikan penilaian serta saran. Sehingga para anggota dapat mengetahui apasaja yang harus dilakukan dan mampu mempertanggungjawabkan tugasnya masing-masing.
Membantu melindungi aset perusahaan
Internal audit dapat mengidentifikasi adanya risiko atau masalah yang dapat membahayakan bagi perusahaan. Jika risiko atau masalah dapat dikenali, maka auditor akan membantu manajemen untuk mengambil tindakan pencegahan risiko atau masalah tersebut. Auditorjuga akan mendokumentasi setiap proses internal audit yang dilakukan sebagai bahan evaluasi dimasa yang akan datang.
Nah, itu beberapa manfaat atau pentingnya internal audit bagi perusahaan. Masih banyak lagi manfaat yang akan didapat oleh perusahaan dengan adanya internal audit. Internal audit ini dilakukan secara berkala sebelum pemeriksaan oleh ekternal audit yang hanya dilakukan setaun sekali.
Oleh : Khaerunisah Mahasiswi STEI SEBI Depok

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.