oleh

Seberapa Cepat Layanan Pengiriman Premium J&T Super?

Senin sekitar pukul 6 pagi lewat beberapa menit, Saya dikejutkan dengan kedatangan sebuah paket yang dikirim oleh jasa pengiriman J&T Super. Hal ini cukup membuat saya terkejut, jujur belum pernah sebelumnya saya menerima kiriman paket yang tiba dirumah pukul 6 pagi! Ketika kebanyakan orang belum lagi memulai aktifitas mereka.

Belum hilang keterkejutan saya dengan tibanya paket di pagi buta, saya kembali dikejutkan pengamanan berlapis yang membuat paket berisi 6 botol minuman sarang walet tersebut pastinya tiba dengan sangat aman. Botol beling yang relatif sangat rentan benturan itu menjadi terlindung dengan sangat baik dengan tiga lapis pengaman yang cukup tebal plus pengaman tambahan busa padat dan tebal yang memisahkan jarak antar keenam botol tersebut.

Luar biasa! Hanya itu yang ada dipikiran saya saat itu. Belum pernah saya menerima paket yang dikemas sedemikian rupa seperti ini sehingga selain kemasan yang unik dan menarik, juga sangat aman dan terlindung sangat baik.

BACA JUGA:  Tingkatkan Produktivitas ASN Melalui Manajemen Keterlibatan Pegawai

Rasa penasaran membuat saya membuka notebook saya dan mencari tahu lebih jauh tentang jasa pengiriman J&T Super ini. Karena jelas, kecepatan menjadi hal yang penting dalam bisnis logistik. Siapa yang bisa mengirim barang dengan cepat dengan kualitas layanan memuaskan pasti akan menjadi pilihan konsumen. Rasa-rasanya, persaingan yang cukup berat inilah yang pada akhirnya mendorong J&T Express merilis layanan premium yang diberi nama J&T Super.

Dari informasi yang saya dapat, J&T Super adalah inovasi pengiriman yang menjamin paket akan sampai pada hari yang sama untuk pengiriman dalam kota atau dalam waktu kurang dari 2 hari untuk pengiriman antar kota. Adapun aturan main SLA-nya (Service Level Agreement) pengiriman dalam kota yang sama jika dikirim dibawah pukul 10.00 wib akan sampai di hari yang sama sebelum pukul 21.00 wib. Namun bila pengiriman dilakukan dalam kota yang sama diatas pukul 10.00 wib atau beda kota maka paket akan sampai keesokan harinya sebelum pukul 12.00 wib.

BACA JUGA:  Berani Mengakui Realitas, Catatan Hari Buku Sedunia

Dengan komitmen seperti ini, jadi sangat wajar ketika saya dikagetkan dengan hadirnya kurir J&T Express pada pukul 6 pagi dipintu rumah saya.

Sepintas mirip dengan layanan pengiriman sehari sampai yang disediakan oleh ojek online atau perusahaan ekspedisi lain, tetapi yang membedakan adalah pihak manajemen J&T Express memberikan jaminan perlindungan paket tanpa biaya tambahan. Apabila paket yang dikirimkan tidak sampai sesuai SLA pengirimannya, maka konsumen bisa mengajukan klaim pengembalian 100% uang kembali dengan waktu proses 1×24 jam.

Lalu dengan pelayanan premium super cepat seperti ini, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Rasa penasaran saya berlanjut ke pencarian informasi berikutnya.

Dan sebagai layanan premium tentunya tarif J&T Super tidak sama dengan layanan lain. Harganya lebih tinggi dari biasanya. Contoh pengiriman antar kota Jakarta. Kalau tarif normal Rp 9.000 per/kg, maka untuk layanan anyar ini menjadi Rp 20.000 per/kg. Namun sampai 30 Juni nanti manajemen memberikan promo diskon ongkos kirim 20%-40% bagi pengguna layanan J&T Super.

BACA JUGA:  Vaksinasi Tiba, Kuliah Luring Masih Wacana?

Meski begitu, dengan segala kelebihannya dibanding layanan pengiriman reguler pada umumnya, layanan J&T Super ini tentu menjadi sebuah angin segar bagi anda yang ingin menggunakan jasa pengiriman super cepat dan super aman.

Sayangnya jangkauan layanan anyar ini masih terbatas. Tahap awal hanya tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor. Layanan ini juga tidak bisa digunakan untuk pengiriman marketplace. Konsumen yang ingin menggunakan layanan J&T Super bisa datang langsung ke gerai atau menggunakan sistem pick up.

*Ditulis oleh Muhammad Ihsan, praktisi media dan informasi.

Komentar