oleh

Bunda Elly Ajak Orang Tua Lindungi Anak di Masa Pandemi dengan ASIK

DEPOK – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, banyak cara yang dapat dilakukan orang tua bersama anak-anaknya di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dengan metode Aman, Sehat, dan Menarik (ASIK).

“Saya harap orang tua siap menjaga dan melindungi anaknya dari wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih ada dengan metode ASIK,” katanya dalam program kelas inspirasi melalui virtual zoom, Kamis (29/04/2021).

BACA JUGA:  UI Peringkat Pertama dalam Scimago by Subject Areas di Bidang Kedokteran Gigi

Dia mengimbau, para orang tua menerapkan metode ini agar anak-anak tetap mendapatkan haknya, meski selalu berada di dalam rumah. Selain itu, anak juga tidak merasa bosan saat mengikuti kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

“Orang tua harus bimbing anak-anak saat BDR agar mereka aman secara biologis dan psikisnya. Untuk itu, orang tua harus selalu membuat kegiatan menarik agar anak tidak bosan berada di rumah,” jelas Bunda Elly.

BACA JUGA:  Satpol PP Depok: Ondel-ondel Dipakai Ngamen Akan Ditindak Tegas!

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari menambahkan, para orang tua dapat melakukan perlindungan terhadap anak dengan empat prinsip utama. Yaitu memperlakukan anak tanpa diskriminasi, memberikan kepentingan terbaik agar anak dapat tumbuh dan berkembang, memberikan kesempatan anak-anak berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, serta melibatkan anak dalam keluarga.

BACA JUGA:  HUT Kota Depok, Pemkot Berikan Layanan Gratis Biaya Persalinan

“Melalui kelas inspirasi ini, saya harap orang tua bisa menjadi mengasuh dengan optimal melalui asuhan yang baik sesuai tumbuh kembangnya. Tentu kita semua harus komitmen wujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak,” tambahnya. []

Komentar