oleh

Webinar Series MWA UI dan Kementerian Riset dan Teknologi Bahas Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan di Indonesia

Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional (Kemenristek/BRIN) Republik Indonesia kembali akan menggelar webinar seri ke-2 bertajuk “Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan Indonesia” pada Kamis, 25 Maret 2021, pukul 13.00 – 18.00 WIB.

Tema ini diangkat merujuk pada kondisi Indonesia yang masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Beberapa isu penting akan menjadi fokus dalam panel diskusi webinar kali ini, diantaranya adalah disrupsi teknologi kesehatan terkait big data dan artifical intelegence, Covid-19 dan ketahanan kesehatan Indonesia, adaptasi dan adopsi teknologi, serta medical tourism.

Seminar daring ini akan dihadiri oleh Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) yang akan memberikan keynote speech, Ketua MWA UI Saleh Husin akan menyampaikan welcome speech, dan opening speech yang disampaikan oleh Prof. Ari Kuncoro, SE., MA., Ph.D selaku Rektor UI.

BACA JUGA:  Webinar FFUI Hadirkan lmuwan Diaspora

Saleh Husin mengatakan terselenggaranya webinar MWA Seri-2 ini bertujuan untuk mendiskusikan berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi negara Indonesia, termasuk kondisi pandemi Covid 19 saat ini. “Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan pemahaman dan berbagai usulan untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia. Luaran utama dari webinar adalah naskah akademik mengenai pembangunan ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia,” ujarnya.

Webinar dibagi menjadi dua sesi dengan format diskusi panel. Pada sesi 1 dengan tema “Covid 19 dan Ketahanan Kesehatan Indonesia” akan menghadirkan narasumber Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Dra. Khofifaf Indar Parawansa, M.Si (Gubernur Jawa Timur), dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D (Sekretaris Universitas Indonesia), Prof. drh. Wiku Adisasmito, M.Sc., Ph.D (Satgas Covid 19), dan Prof. Dr. dr. Ari Fachrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP (Dekan FKUI). Sesi ini akan dimoderatori oleh Produser Metro TV, Leonard Samosir.

BACA JUGA:  Pekan Komunikasi UI 2021; Optimalisasi Penggunaan Teknologi di Era Hyper-Connected Society

Pada diskusi panel sesi 2 dengan subtema Riset dan inovasi dalam pembangunan ketahanan serta kemandirian Kesehatan Indonesia akan menghadirkan narasumber Prof. Bambang Brodjonegoro, SE., MUP, Ph.D (Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN), dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D (Wakil Menteri Kesehatan RI), Ir. Ferry A. Soetikno (Presiden Direktur PT. Dexa Medica), Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG-KFER, MPH (Wakil Direktur IMERI-FKUI), Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng (Dekan FTUI), dan Prof. Dr. Amarila Malik, M.Si., Apt (Guru Besar Mikrobiologi dan Bioteknologi Farmasi FF UI). Sesi ini dimoderatori oleh Sofie Syarief dari Kompas TV.

BACA JUGA:  Guru Besar UI: Dedikasi Pimpinan, Kunci Utama Atasi Kendala Implementasi ISO 9001

Webinar ini terbuka bagi umum setelah terlebih dahulu melakukan registrasi melalui tautan: https://us02web.zoom.us/webinar/register/3116162490063/WN_NkF-PMP8S6eHST-__Ot1Bg dan dapat disaksikan LIVE di kanal Youtube Universitas Indonesia, ui.id/Youtube.

Komentar