oleh

Ribuan Pengungsi Rohingya Terancam Tak Punya Tempat Tinggal Ramadan Ini

COX’S BAZAR, BANGLADESH – Kebakaran hebat terjadi di kamp pengungsian Rohingya, di Kamp Balukhali Cox’s Bazar Bangladesh, Senin (22/3/2021). Ribuan rumah pengungsi terbakar di indisen ini. Pengungsi Rohingya di Kamp Balukhuli mengatakan, beberapa orang tewas, tetapi baik pihak pemerintah setempat maupun UNHCR belum dapat memastikan jumlah kematian. Penyebab kebakaran juga belum diketahui.

Zaifur Hussein (50), seorang pengungsi yang lolos dari kebakaran mengatakan, puluhan orang mungkin menjadi korban karena pagar di sekitar kamp membuat warga sulit melarikan diri. “Ketika kami berada di Myanmar, kami menghadapi banyak masalah. Mereka menghancurkan segalanya,” kata Zaifur Hussein, kepada Reuters.

Kebakaran ini mengingatkan kembali kejadian di Myanmar. Lebih dari satu juta warga Rohingya meninggalkan negara mereka karena tindakan keras militer Myanmar yang membakar kampung halaman mereka 2017 lalu.

Sementara itu, Firdaus Guritno dari Global Humanity Response-Aksi Cepat Tanggap turut prihatin atas kejadian itu. Kebakaran yang kerap terjadi di kamp pengungsian Cox’s Bazar membuat ribuan pengungsi Rohingya tidak memiliki tempat tinggal memadai Ramadan nanti.

“Sebulan lagi Ramadan tiba, jika umat muslim di seluruh belahan dunia tengah mempersiapkan diri menyambut Ramadan, pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar harus kehilangan tempat tinggal dan prihatin dalam pemenuhan pangan,” kata Firdaus. Ia berharap, kedermawanan Indonesia semakin meningkat dalam membersamai Rohingya di Ramadan kali ini.[]