oleh

White Horse Group Masuk Food Delivery Business

Bertujuan untuk mengobati rasa rindu akan traveling, White Horse menghadirkan layanan pengantaran makanan (food delivery) khas suatu daerah agar dapat dinikmati bahkan di kala pandemi seperti saat ini.

Tahun 2020 merupakan tahun yang tidak terduga. Mayoritas bisnis mengalami penurunan terutama di bidang pariwisata & transportasi, mulai dari perusahaan besar hingga UMKM. Banyaknya orang yang tidak bisa bepergian berdampak pada meningkatnya transaksi digital konsumen di berbagai sektor.

Menurut data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang dirilis pada tanggal 8 Oktober 2020, posisi pertama & kedua jenis pengeluaran digital konsumen per-bulan selama pandemi Covid-19 di duduki oleh pesan makanan (97%), jasa pengiriman (76%) lalu diikuti oleh transportasi (75%), belanja kebutuhan sehari-hari (74%) dan donasi (54%).

BACA JUGA:  Galang Donasi Korban Bencana NTT, Canon dan DOSS Adakan Lelang Kamera

Data dari dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usaha mikro tercatat 170.152 atau setara 86% dari 197.322 NIB yang diterbitkan melalui sistem Online Single Submission (OSS) sepanjang September 2020.

Melihat situasi & kondisi yang terjadi saat ini, White Horse melihat peluang di layanan jasa pengiriman makanan antar kota. Layanan ini juga bertujuan untuk menjadi sarana pengembangan UMKM di bagian logistik, dimana market place online belum memfasilitasi semua UMKM.

Fitur pengantaran makanan White Horse diperkenalkan lewat anak usaha perusahaan, yaitu DayTrans dengan layanan yang diberi nama DayMall. Rute pengantaran menggunakan rute yang sudah tersedia di DayTrans, yaitu: Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Jepara & Solo.

BACA JUGA:  Jasmine by Lidia Hadiwinoto, dari Bisnis Rumahan ke Industri Fesyen

Layanan DayMall bertujuan untuk mempermudah pengiriman makanan antar kota dengan durasi pengiriman makanan bervariasi, ada yang tiba di hari yang sama dan ada juga yang tiba di hari berikutnya. Sebagai contoh, konsumen di Jakarta dapat membeli produk Prima Rasa, Bandung dan langsung dikirim pada hari yang sama. Sedangkan untuk pengiriman Bakpia Tugu Jogja dari Yogyakarta, akan dikirim di hari berikutnya.

Kemampuan untuk menghubungkan jarak antar kota melalui pengiriman makanan dalam waktu yang singkat membuat perusahaan menetapkan tagline ‘Jadi Lebih Dekat’ untuk merepresentasikan layanan DayMall.

BACA JUGA:  Telkom Buka Peluang Agen Digital melalui Sobat Indihome

Semenjak pertama kali diluncurkan pada September 2019 hingga Februari 2021, Day Trans berhasil mendapatkan 44.000 downloader. Pengiriman yang sebelumnya 150 order/bulan kini meningkat mencapai angka 1.200-1.500 order per bulan. Hingga berita ini di rilis, DayMall sudah berhasil melakukan lebih dari 5.000 pengiriman.

Direktur Pengembangan Bisnis PT. WEHA Transportasi Indonesia, Tbk, Andrianto Putera Tirtawisata mengatakan, “kami cukup optimis, bisnis baru ini dapat membantu mempercepat pemulihan bisnis White Horse. Ke depannya kami juga berharap layanan ini menjadi sumber pendapatan yang signifikan dan dapat berkembang di area Jawa & Bali”. []

Komentar