oleh

Tips Buat Pemula yang Ingin Memulai Bisnis

Oleh Izzatul Nurul Hanna Mahasiswi STEI SEBI

Banyak sekali pertanyaan yang sering muncul disaat awal-awal ingin memulai bisnis maupun sudah menjalaninya, bahkan saya sendiri pun menanyakannya. Bagaimana saya harus memulai bisnis? Nah Dalam siklus bisnis, tahapan memulai memang sangatlah berat. Biasanya banyak yang terjebak dalam hal ini.

Saya tahu bahwa membuka bisnis sendiri itu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak proses yang harus kita jalani mulai dari menentukan ide, mengelola keuangan, memproduksi, hingga mempromosikannya agar dikenal oleh masyarakat. Namun dalam menjalani proses tersebut tidaklah selalu berjalan mulus sesuai harapan kita karena akan selalu ada tantangan baik itu dari internal maupun eksternal. Dan tak jarang dari banyaknya tantangan tersebut seseorang mundur atau berhenti untuk melanjutkan bisnisnya.

Bagi seorang pebisnis tidak ada yang namanya menyerah mereka yang semangat yang tinggi akan bangkit kembali untuk memulai bisnis dari awal lagi. Dan dari kegagalan tersebutlah mereka mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan yang ada menjadi lebih baik lagi. Nah disini saya akan memberikan tips atau prosedur memulai bisnis bagi anda yang baru atau mau membuka suatu usaha. Simak yuk

⦁ Fokus pada bisnis yang ingin dimulai

BACA JUGA:  Kisah Seorang Raja yang Sholeh

Ketika kita ingin memulai suatu bisnis kuasailah terlebih dahulu bidang bisnis apa yang akan anda rintis apakah itu dibidang kuliner, fashion, jasa atau yang lainnya dan jangan lupa pilihlah bisnis yang anda pahami agar lebih mudah menjalankannya. Saya pernah menemukan kutipan “find a job you enjoy doing, and you will never have to work a day in your live”. Saat kita menyukai apa yang kita kerjakan, pasti kita akan lebih mudah untuk menikmatinya. Pastinya akan ada tantangan disetiap apa yang kita kerjakan, tetapi karena anda suka dengan apa yang anda kerjakan, andapun akan semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya.

⦁ Melakukan survey terlebih dahulu

Sebelum merealisasikan bisnis yang ingin dijalani, ada baiknya yang anda lakukan survey terlebih dahulu. Ada beberapa indikator terkait survey ini diantaranya survey lokasi, harga dan juga konsumen. Dengan melakukan survey ini anda akan mengetahui apa yang diinginkan konsumen dan memahami setiap karakter mereka.

⦁ Menyesuaikan skala bisnis anda dengan modal yang anda miliki

Modal merupakan suatu hal penting yang harus dipersiapkan Ketika anda ingin memulai bisnis. Disini anda dituntut untuk realistis, mungkin saja anda memiliki ide bisnis yang besar tetapi anda harus melihat Kembali jumlah modal yang anda miliki apakah sebanding dengan bisnis yang ingin anda jalankan?

BACA JUGA:  Peran Orang tua dalam Membangun Generasi Islami

Contoh kecil anda ingin membuka toko percetakan yang besar, namun anda memiliki modal yang tidak banyak. Maka, mulailah dengan membuka usaha dirumah dengan mempromosikannya melalui media social atau kerabat anda. Jika memang bisnis yang anda jalani ini memiliki kualitas yang oke dan strategi yang berbeda dengan bisnis lain, pasti konsumen akan datang dengan sendirinya sehingga lama-kelamaan bisnis anda akan maju dan berkembang. Nah, hasil pemasukan dan keuntungan itulah anda bisa membuka toko dikemudian harinya.

⦁ Mempersiapkan SDM

Bisnis yang suskses bukan hanya satu orang saja yang berperan tetapi terdapat banyak pihak yang saling membantu untuk mencapai kesuksesan. Semakin banyak pihak yang ada maka akan semakin berkembang bisnis yang anda jalanin, namun itu semua kita harus pandai memilih patner yang berkualitas dan juga strategi yang kita siapkan untuk merecrut seseorang. Seperti melakukan pelatihan, pembinaan, Pendidikan dan juga penghargaan agar sdm yang ada dapat berkembang dengan baik dan juga memberikan dampak yang positif terhadap perusahaan.

⦁ Segeralah memulai dan jangan terlalu banyak berteori

BACA JUGA:  Inilah Peran Muslimah dalam Dakwah

Kebanyakan orang bertanya bisnis harus mulai darimana? Padahal ini sangat simple yaitu kita hanya perlu action jangan Cuma wacana. Karena banyak seorang entrepreneur yang tidak bisa berkembang karena terlalu banyak berwacana. Ide yang baik itu harus segera dieksekusi. Banyak orang yang paham entrepreneur tetapi belum tentu punya usaha atau mau memulai usahanya. Kalau kata bapak jusuf kalla berbisnis itu layaknya seseorang yang baru saja belejar berenang, banyak baca buku tentang berenang lalu terjun ke sungai . itu pasti akan tenggelam. Namun, jika turun pelan-pelan kemudian banyak berlatih 4 – 5 hari kemudian langsung bisa. Tidak usah baca teori terlalu banyak, mulai saja dulu. Jika point 1 – 4 sudah siap semua yang hanya perlu anda lakukan hanyalah action jangan sampai ditunda-tunda lagi ya. so semangat buat kamu yang ingin memulai bisnis tapi masih ada di tahap awal, semua itu butuh proses. Jika ingin sukses mulailah dari yang kecil dulu keluarkanlah kreativitas dan inovasi yang tinggi agar bisnis yang kamu jalani berkembang secara maksimal. Karena salah satu kriteria entrepreneur sejati yaitu memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi. []

Komentar

Berita lainnya