oleh

Tipe-Tipe Kepribadian Unik Dalam Diri Manusia

Di dunia ini manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dengan kepribadian yang berbeda itulah manusia menjadi makhluk yang unik, namun terkadang dalam satu keluarga saja memiliki perbedaannya masing-masing. Namun tipe kepribadian ini terkadang memiliki kesamaan satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu tipe-tipe kepribadian ini dapat dipelajari dan tipe kepribadian ini di bagi menjadi empat tipe yaitu koleris, plagmatis, sanguinis, dan melankolis. Akan tetapi bisa saja dalam diri satu orang memiliki dua tipe atau lebih kepribadian.

  • Korelis (tegas, cepat, disiplin, ambisi, berjiwa pemimpin, mudah tersingung, pemarah)

Orang yang memiliki tipe kepribadian korelis adalah orang yang sangat berambisi terhadap sesuatu dan tegas dalam menghadapi suatu hal. Jika ia mengerjakan sesuatu ia lebih suka dengan kecepatan namun dengan kehatian-hatian dalam mengerjakannya, bertanggung jawab dalam pekerjaan, menyukai sebuah tantangan dan mandiri. Oleh sebab itu tipe korelis ini dapat diandalkan dalam hal memimpin.

BACA JUGA:  Haruskah Perempuan Berperan?

Namun tipe ini pun memiliki kekurangan seperti karena ia  terlalu tergesa-gesa, tidak sabaran, egois dan terkadang bersifat kasar karena terlalu tegas yang membuat orang lain menjauhinya.

  • Plagmatis (bebas, sederhana, damai, santai)

Karakter yang satu ini merupakan yang akan menjahuhi konflik, karena bisa memicu kericuhan dan mengganggu perdamaian. Oleh sebab itu tipe plagmatis ini akan lebih menjadi penengah jika terjadinya konflik, sikapnya yang tenang membuatnya disukai oleh banyak orang dan menjadi pendengar yang baik bagi seseorang yang memiliki masalah.

Orang yang memiliki kepribadian ini cenderung lebih pendiam dan akan menjadi bijaksana di saat kondisi tertentu. Kekurangan yang dimiliki oleh tipe ini yaitu ia lebih cenderung untuk menghindari masalah dan tidak menghadapi masalah itu sendiri. Karena ia tidak ingin terdesak dengan pengaruh orang lain maka ia akan lebih menyukai terhadap dunianya sendiri. Terkadang ia akan menjadi lebih egois atau keras kepala  disaat menengahi suatu konflik agar cepat selesai.

  • Sanguinis (aktif, humoris, terbuka, berjiwa sosial, optimis)
BACA JUGA:  Kapan Kita Harus Bersabar?

Karakter ini memiliki kepribadian yang terbuka terhadap apapun, senang berbicara, dan selalu menyebarkan kebahagian kepada semua orang. Orang yang memiliki kepribadian ini penuh dengan aura positif dan berdampak terhadap lingkungan sekitarnya, dengan selalu aktif dalam kegiatannya. Kemudian dengan mudahnya ia dalam beradaptasi di lingkungan barunya membuat ia lebih cepat dikenali oleh semua orang, tentu itu akan berdampak positif bagi dirinya sendiri.

  • Melankolis (analis, serius, tenang, bijak)

Orang yang memiliki karakter melankolis adalah sosok yang tenang dan misterius atau sulit dimengerti, ia akan menjadi sosok yang serius, kreatif dan bijaksana jika dihadapkan dengan suatu masalah. Dengan daya analisisnya karakter melakolis ini selalu berfikir secara mendalam dan ia cenderung lebih menyukai mengerjakan sesuatu jika dikerjakan oleh dirinya sendiri.

Karena ia adalah sosok perfeksionis yang enggan untuk mengerjakan pekerjaan dengan orang lain, karena bisa saja persepsi orang lain yang berbeda pendapat dengannya dapat merubah apa yang telah ia rencanakan dan merusak tingkat perfeksionis menurut seleranya.

BACA JUGA:  Kisah Seorang Raja yang Sholeh

Dengan sosoknya yang cenderung lebih suka untuk menyendiri dan mengerjakan sesuatu di balik layar, membuatnya lebih serius, tekun, berfikir secara mendalam, dan terkadang menjadi puitis di saat kondisi tertentu.

Akan tetapi dengan sosoknya yang penyendiri itulah ia memiliki kekurangan seperti sulit untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru, sulit untuk bekerja dilingkungan team work, dan sifatnya seperti itu membuat orang lain menganggapnya orang yang sombong, terkadang orang dengan karakter melakolis ini akan menjadi egois dengan kehendaknya sendiri dan menjadi pesimis terhadap orang lain.

Namun dibalik kekurangannya, sebenarnya keberadaan sosok melankolis ini sangat di butuhkan karena ia memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi semua orang. (Affan Fuhaid)

 

Komentar

Berita lainnya