oleh

Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur, Serupa Namun Tidak Sama

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi dan tertarik dengan ilmu yang mempelajari cara untuk membangun bangunan yang megah. Oleh karena itu perlu di ketahui ada dua jurusan yang bagi sebagian orang menganggap keduanya sama saja, padahal keduanya memiliki perbedaan yang jelas kedua jurusan itu bernama teknik arsitektur dan teknik sipil.

Kedua jurusan ini walaupun mempelajari ilmu yang sama mengenai bangunan namun masih ada pembeda fungsi dari setiap jurusan. Persamaan kedua jurusan ini terletak karena mereka termasuk satu rumpun ilmu yang sama yaitu fakultas teknik, terlebih keduanya memiliki focus yang sama yaitu untuk pembangunan. Seperti mempelajari dan mengerjakan ilmu pengetahuan yang sama seperti konstruksi, teknik menggambar bangunan, proyek bangunan, bidang bangunan, dan sebagainya.

Namun walaupun memiliki peranan yang sama dalam inti merancang bangunan, akan tetapi terdapat pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan yang mereka tanggung, perbedaanya seperti:

  • Teknik arsitek lebih dominan dengan mengerjakan desain, karena dimulai dari ia yang merancang desain bangunan secara keseluruhan dengan melihat dari sisi estetika bangunan. Termasuk dari pemilihan warna bangunan, bentuk bangunan, dan fungsi dari bangunan itu sendiri di peruntukkan untuk apa. Dan seorang arsitek yang akan bertanggung jawab dari rancangan bentuk buatannya.
  • Sedangkan teknik sipil lah yang merealisasikan desain bangunan dari arsitek. Teknik sipilah yang nanti bertanggung jawab factor teknik dan non teknik seperti elemen dalam struktur pondasi, material yang digunakan untuk konstruksi, dan biaya material. Dan memastikan bahwa bangunan yang ia buat akan kokoh dan dapat bertahan dalam kondisi yang ekstrim.

Terkadang dalam merealisasikan sebuah bangun terdapat perubahan-perubahan yang terjadi dari bentuk,lokasi, bahan, biaya, dan lain-lain. Seperti desain yang telah di buat arsitek bisa saja berubah bentuknya saat di realisasikan, karena setelah dikonsultasikan bagi teknik sipil desain bangunan yang di buat tidak akan kokoh. (Affan Fuhaid)

 

Komentar

Berita lainnya