oleh

STEI SEBI Adakan Sharing Career Center Bersama Pusat Karir UIN Syarif Hidayatullah

SEBI Career Center (SCC) mengadakan sharing session terkait pengelolaan career center di Perguruan Tinggi. Hadir sebagai pembicara adalah Umiyati, SEI, M.Si, Alumni STEI SEBI yang menjabat sebagai Koordinator Bidang Rekrutmen dan Kerjasama Pusat Karir UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Acara ini dimaksudkan untuk mendapatkan wawasan terkait pengelolaan pusat karir di UIN Jakarta sebagia bahan masukan pengelolaan career center di STEI SEBI. Acara yang dibuka pukul 09.00 WIB dihadiri oleh 18 Peserta yang terdiri dari Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Wakil Ketua Bidang Akademik, Bidang Kemahasiswa, Program Studi, dan Alumni.

BACA JUGA:  KKN Mahasiswa IPB Ajarkan Bikin Pupuk dan P2L di TBM Lentera Pustaka Bogor

Sharing ini diawali dengan sambutan dari Dr. Azis Budi Setiawan selaku Wakil Ketua Bidang Akademik yang menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya sharing session. Menurutnya, pengembangan pusat karir di STEI SEBI diperlukan untuk menjamin keberhasilan proses pembelajaran dan penyerapan lulusan oleh dunia industri, selain untuk memenuhi akreditasi perguruan tinggi. Acara dilanjut dengan penyampaian materi oleh Umiyati terkait dengan program dan kegiatan pusat karir di UIN Jakarta.

BACA JUGA:  Rumuskan Solusi Covid, IKA Unpad Gelar Konferensi Internasional Pandemi Covid-19

Menurut Umiyati, tolak ukur outcome pembelajaran adalah keberhasilan lulusan memasuki dunia kerja. Kampus memiliki tanggung jawab membimbing, mengantar dan memastikan lulusannya bekerja pada sektor yang layak. Produk-produk yang dihasilkan oleh Pusat Karir UIN Jakarta terdiri dari integrated website (membership alumni/perusahaan, career information, tracer study, online career counseling), dan kerjasama dengan berbagai pihak. Dalam struktur organisasinya, pusat karir UIN berada di bawah naungan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan wakil rektor bidang kerjasama.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unindra Luncurkan Buku Menguak Protokol Kesehatan Covid-19 di Bogor

Selesai materi, acara dilanjut dengan tanya jawab dan sharing lebih detail dari peserta diskusi. Antusiasme peserta terlihat dari berbagai pertanyaan yang disampaikan, baik seputar bagaimana cara menjadi member ICC (Indonesia Career Center), mengundang perusahaan untuk mersedia melakukan hiring/rekrutmen di kampus, tracer alumni, dan masih banyak yang lainya. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penutup. [Hanifatul Ibtihal Muhngin/Tim]

Komentar

Berita lainnya