oleh

Public Speaking, Kemampuan Lebih yang Harus Dimiliki

Public speaking merupakan kemampuan berbicara secara langsung di muka umum dan  dihadapan banyak orang. Kemampuan ini bisa dilatih oleh semua orang tak terkecuali orang yang introvert, dengan melatih keberanian secara mental dengan membiasakan berbicara di hadapan banyak orang dan melatih kemampuan berbicara yang lancar seperti intonasi suara, improfisasi, menyiapkan materi dan lain-lain.

Terlebih saat ini kemampuan public speaking sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja, pekerjaan yang berkaitan dengan public speaking seperti menjadi seorang trainer, MC (master of ceremony)atau pembawa acara, reporter, interpreter, moderator, announcer dan masih banyak lagi kemampuan public speaking di dunia pekerjaan.

BACA JUGA:  Agar Anak Terhindar Pergaulan Bebas

Banyak manfaat public speaking yang akan dirasakan dalam memperlancar pekerjaan ataupun tugas seperti:

  • Pada saat interview kerja, karena saat sesi wawncara terjadi kita dapat meyakinkan orang lain dengan menjelaskan dengan lancar keunggulan dari potensi yang kita miliki.
  • Ketika kita sudah mulai memasuki dunia pekerjaan, jika kita sudah meyakinkan orang lain tentang kemampuan public speaking terkadang kita akan di beri kepercayaan seperti memimpin rapat, menjadi MC dalam acara perusahaan, dan lain-lain.
  • Bagi para pelajar public speaking dapat menjadi keunggulan seperti dapat memudahkan untuk menyampaikan presentasi materi di kelas. Karena jika kita dapat mempresentasikan materi dengan menarik, benar, dan bagus dikelas tentu itu akan menjadi nilai lebih bagi guru atau dosen.
  • Bagi mahasiswa semester akhir pun kemampuan public speaking dapat membantu dalam memperlancar presentasi sidang skripsi, karena kita sudah siap dengan memahami dengan baik materi untuk bisa menjawab kritikan dan pertanyaan-pertanyaan yang akan lontarkan oleh dosen penguji.
BACA JUGA:  Peran Orang tua dalam Membangun Generasi Islami

Begitu banyak manfaat jika kita memiliki kemampuan public speaking, kemampuan berbicaradi depan umum ini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi terutama jika dihadapkan lingkungan yang baru dan akan lebih cepat kita dalam beradaptasi.

Dengan kemampuan ini pula kita akan mendapatkan hubungan relasi yang luas, karena jika kita sudah melakukan jam terbang tinggi untuk menjalani profesi ini, bukan tidak mungkin jika kita akan sering bertemu orang-orang penting seperti tokoh negara, public figure, artis, dan lain-lain. (Affan Fuhaid)

Komentar

Berita lainnya