oleh

Peran Orang tua dalam Membangun Generasi Islami

Oleh: Nur Kamilah (STEI SEBI)

Orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk membangun generasi Islami. Apalagi di zaman sekarang ini, di mana dunia barat dengan mudahnya masuk ke dalam kehidupan kita. Mereka tidak kenal usia, banyak anak-anak yang menjadi korban karna keacuhan sikap kita sebagai orang tua.

Orang tua harus mengajarkan sekaligus memberi contoh kepada anak-anaknya agar menjadi anak yang Shalih dan Shalihah. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim yang artinya : “Setiap anak yang lahir atas dasar fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menyebabkan dia menjadi Yahudi, Nasrani atau majusi.”

Jadi peran orang tua bukan hanya sekedar memberi anak makan dan minum saja. Adapun peran yang pertama adalah Orang tua sebagai kepala keluarga harus berusaha semaksimal mungkin menciptakan kondisi rumah tangganya yang harmonis, dengan cara melaksanakan ajaran agama dengan tekun dan disiplin, menampakkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran dan petunjuk agama, karena tingkah laku dan kebiasaan orang tua menjadi contoh bagi sang anak.

BACA JUGA:  Mengenal Fungsi Dasar Keluarga

Peran yang kedua, Orang tua berkewajiban memberikan pendidikan dan pengajaran terutama pendidikan agama kepada anak-anaknya, guna untuk membentuk sikap dan akhlak yang mulia, membina kesopanan dan kepribadian yang tinggi kepada mereka.

Peran yang ketiga, Menunjukkan contoh-contoh atau akibat-akibat dari seseorang yang melaksanakan kedengkian dan bereaksi buruk, seperti terjadinya perkelahian, pembunuhan, perampokan dan lain-lain yang pernah terdapat dalam lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:  Kapan Kita Harus Bersabar?

Peran yang keempat, Memperdengarkan pembicaraan-pembicaraan yang baik dan bermanfaat kepada anak.

Peran yang kelima, Mengadakan pengontrolan kepada anak terhadap pengaruh-pengaruh buruk yang datang dari luar, seperti caci maki, hasut, fitnah dan lain sebagainya yang datang dari teman-temannya atau dari orang lain yang kurang mendapat bimbingan agama.

Peran yang terakhir, Kepala keluarga selalu menangani dan mempertanggung jawabkan tindakan keluarganya.

BACA JUGA:  Inilah Peran Muslimah dalam Dakwah

Demikian gambaran umum mengenai peran orang tua dalam membangun generasi Islami. Jangan sampai generasi sekarang dan generasi seterusnya rusak karna tidak pedulinya kita sebagai orang tua. Oleh karena itu, penting untuk kita sebagai orang tua untuk memperhatikan anak-anak kita agar tetap berada dalam jalan yang diridhoi-Nya.

Komentar

Berita lainnya