oleh

Mengenal Penciptanya Sebelum Mengenal Ciptaan-Nya

Oleh : Fauziah Ernawati

Mengenal tentu berbeda dengan mengetahui, mengenal sudah pasti tahu, tetapi tahu belum tentu kenal.

Berdasarkan makna ayat yang pertama turun kepada Rasulullah SAW, Q.S Al-Alaq 1-5, yaitu tentang :

Belajar Yakin Kepada Allah SWT

Bahwa Allah yang Maha Kuasa dalam menciptakan, menghidupkan, mematikan, dan Allah lah Sang Pemilik langit, bumi, dan seisinya.

Disebutkan dalam ayat pertama surat Al-‘Alaq, Iqra bismi rabbika lladzi kholaq yang artinya Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan. Merupakan dasar ilmu Rubbubiyyah dalam pengesaan Allah SWT, karena iqra bismi rabbika terkandung bermakna Allah Maha menciptakan , Maha memelihara, Maha memiliki, Maha kaya dan seterusnya. Maka kata Rabb yang tidak dijelaskan dalam bahasa indonesia karena terjemahannya yang sangat luas, namun dengan menggunakan makna istilah Tuhan yang berati peran, sehingga dapat disimpulkan bahwa Tuhan merupakan perwujudan simbol dan Rabb merupakan peran-Nya yang mana Dia lah yang menciptakan, berkuasa, menentukan, memelihara, memberi rezeki, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Membuat Sedekah Menjadi Hobi

Belajar Mengagungkan Allah SWT

Mengagungkan Allah tidak hanya dalam bentuk ucapan lisan, melainkan ketika kita yakin kepada Allah SWT bahwa Dia lah Tuhan semesta alam yang harus diagungkan dan tidak sedikit orang mengagungkan Allah dengan lisan namun hatinya tidaklah sebagai mana lisannya melakukan, maka mereka itulah orang-orang munafik. Inama’amalubinniat sesungguhnya semua amal itu baik perkataan atau perbuatan tergantung pada niatnya yang ada di dalam hatinya, jika niatnya benar maka akan mendapatkan balasan seperti yang ia niatkan dari allah swt dan sebaliknya. Maka belajar mengagungkan Allah SWT dengan mengingat-Nya melalui lisan dan hati yang senantiasa merendah di hadapan-Nya.

Kholaqal insan namin alaq yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bahwasannya manusia diciptakan dari segumpal darah yang menandakan kekuasaan Allah yang Maha menciptakan bahkan hanya dari segumpal darah sehingga menjelaskan bahwa Allah berkuasa atas segala ciptaan-Nya, sehingga membuat manusia menjadi berpikir serta memperdalam ilmu atas penciptaan manusia oleh Allah SWT.

BACA JUGA:  Memahami dan Mempelajari Ilmu Tajwid

Alamyajidkayatimanfaawa wawajadakadholanfahada wawajadakaanilanfaaghna pesan yang sama seperti yang terkandung dalam Q.S Al-‘Alaq 1-5 tentang kebesaran Allah SWT dan kerendahan manusia, kebesaran Allah dapat dikatakan dengan istilah asmatullah atau ma’rifatullah dalam ilmu aqidah, sedangkan kerendahan manusia disebut Attawadhu.

Iqra’ warobukal akhram, alladzi ‘alamabil qalam Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. Yang Mengajar (manusia) dengan pena. Merupakan bentuk keesaan terhadap Sang Pemilik Ilmu, Allah lah yang maha mulia, Allah lah sumber segala ilmu, ‘alamal insan maa lam ya’lam Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Salah satu penyebab seseorang menolak kebenaran agama yaitu karena sifat sombong yang merupakan lawan dari tawadhu, sedangkan lawan ikhas adalah ria. Perbedaan sombong dengan ria yaitu jika sombong adalah urusan dunia maka ria kaitannya dengan urusan agama atau ibadah. Sikap antara ria dan sombong serta tawadu dan ikhlas dapat menjadi ilmu untuk kita menilai hati kita sendiri bukan menilai hati orang lain. Nahnu la nahkum illa bidzawahir kita tidak boleh menghakimi sesuatu kecuali yang tampak adapun yang tidak tampak kita tidak boleh menghakiminya.

BACA JUGA:  Pergaulan Remaja yang Baik Menurut Al-Quran dan Sunnah

Allah merupakan dzat yang menciptakan dan mengatur alam semesta. Kekuasaan-nya tidak terbatas, kekuatan-nya tidak dapat diukur, keluasan ilmu-nya tidak dapat diketahui, kebesaran-nya tidak bisa di tandingi oleh siapapun. Sedangkan manusia sehebat apapun ia hanyalah salah satu makhluk dari sekian banyak makhluk ciptaan Allah SWT. Yang sangat membutuhkan pertolongan dan perlindungan-nya. Karena itu keagungan dan kebesaran hanyalah milik Allah SWT semata.

Referensi
Ust Hanan Attaki, Mengenal Allah

Komentar

Berita lainnya