oleh

Membuat Sedekah Menjadi Hobi

Bersedekah menjadi kewajiban bagi setiap makhluk hidup terlebih kita sebagai umat muslim. Ditahun 2021 ini indonesia mengalami banyak duka dan luka. Alangkah baiknya kita menyisihkan dana untuk di sedekahkan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Melalui situs galang dana yang cukup dikenal oleh masyarakat indonesia kita bisa memulai memberi sumbangan mulai dari 1.000 rupiah saja. Berapapun nilai yang kalian beri untuk mereka itu sudah lebih dari cukup untuk membantu.

Ada sebuah galang dana yang cukup menarik buat saya pribadi, pada saat bencana banjir di seberang pulau melanda. Karena suasana sangat penuh duka manusia, ada oarang baik yang tidak lupa dengan makhluk hidup lain nya. Seperti kucing, anjing, bahkan ayam, orang baik ini mencari korban hewan yang tidak mampu melawan deras nya air yang mendatangi kota itu ku pikir perbuatan nya harus di berikan apresiasi.

BACA JUGA:  Pergaulan Remaja yang Baik Menurut Al-Quran dan Sunnah

Kembali lagi ke topik utama kita, sedekah. Sedekah sendiri menjadi sebuah kegiatan dengan berjuta manfaat. Beberapa dari kita merasa bahwa sedekah mengurangi harta yang kita punya, namun bukankah tidak semua harta yang kita miliki bukan milik kita seutuhnya. Lagipula setelah melakukan kebiasaan bersedekah akan ada hal baik yang akan datang. Sedekah juga menjadi sebuah bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberikan kita segala nikmat yang sampai saat ini masih bisa kita rasakan.

Sedekah dalam pandang islam memiliki makna yang luas, tidak hanya memberikan sesuatu kepada orang-orang yang membutuhkan namun juga banyak hal lain yang termasuk kategori bersedekah. Salah satumya adalah senyum, senyum engkau dihadapan saudaramu adalah sodakoh. Senyum menjadi hal yang paling mudah untuk dilakukan setiap hari, mulai dari orang terdekat, tetangga, teman, dan mungkin orang-orang yang kita temui ketika di jalan atau pasar.

BACA JUGA:  Cara Bersuci Ketika Selesai Operasi

Berbagi itu sulit tapi menyenangkan. Sama seperti sedekah, terasa berat untuk memulai nya pertama kali tapi jika sudah menjadi kebiasaan akan terasa menyenangkan dan mudah dilakukan tanpa harus menunggu rezeki yang datang berlebih. Banyak orang yang menunggu kaya untuk bersedekah namun saat hari itu datang kesenangan dunia menjadi tembok untuk melakukan nya. Terlalu banyak yang menjadi daftar wishlist nya hingga bersedekah terlewat begitu saja dan ingat kembali saat rezeki mulai melemah. Jadi, untuk memulai sebuah kebiasaan baru mulai saja sekarang tidak messti nanti, besok, atau berjanji ketika sesuatu di hari yang di tunggu itu datang.

BACA JUGA:  Memahami dan Mempelajari Ilmu Tajwid

Melakukan hal baik dengan bersedekah bersama-sama menjadi hal yang bisa diceritakan di hari esok karena pengalaman nya yang tak terlupakan, namun bersedekah secara sembunyi atau diam-diam juga bisa menjadi hal yang lebih baik dari yang terang-terangan. Dalam sebuah ayat Allah berfirman:

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al Baqarah [2]: 271)

Sedekah bukan hanya memberi, tapi juga melihat hikmah dari kehagiaan yang diberi. Melihat senyum dari yang menerima bantuan, menjadi semangat untuk melanjutkan kebiasaan. Ayo mulai sekarang aja, jangan besok. (Syafiqoh Allathifah Husna RM)

Referensi: Ahmad Sangid, B.Ed., M.A. (2008). Dahsyatnya Sedekah. Qultum Media.

Komentar

Berita lainnya