oleh

Mari Bersyukur dan Nikmati Sisa Umur

Oleh: Dudi Supriadi, Mahasiswa STEI SEBI, Penulis 4 Buku Antologi

Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur’an “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. (Q.S Ibrahim [04]: 07). Salah satu dari keutamaan dan kelebihan ketika kita bersyukur atas nikmat yang Allah berikan adalah Allah akan tambah lagi kenikmatan yang kita rasakan. Tapi sebaliknya, ketika kita ingkar atas nikmat yang telah Allah berikan Allah tidak menjawab langsung dibalas dengan azab, tapi dengan peringatan bahwa azab-Nya sangat berat, Masya Allah.

Bersyukur di zaman sekarang sangat diperlukan, anak-anak generasi Post Z, Gen Z dan milenial yang jumlahnya tidak sedikit, terbukti menurut hasil sensus 2020 Indonesia dihuni oleh 10,88% Post Gen Z (kelahiran 2013), 27,94% Gen Z (Kelahiran 97-2012), 25,87% Milenial (kelahiran 81-96)  dan banyak dari mereka khususnya milenial yang didera rasa Insicure  atau rasa gelisah, takut dan tidak percaya diri. Rasa ini sebenarnya berasal dari dalam diri dan muncul karena membandingkan diri kita dengan orang lain. Rasa ini muncul karena kita kurang bersyukur kepada Allah Swt. yang sudah memberikan apa yang kita butuh kan. Selanjutnya mari perbanyak bersyukur daripada insecure.

Setelah kita selesai dengan kata Insecure, selanjutnya coba kita ganti dengan kata syukur. Salah satunya bersyukur ketika kita masih diberikan umur oleh Allah Swt. Kita selalu tidak tahu umur kita sampai berapa lama, yang pasti setiap yang bernyawa pasti akan merasakan yang namanya kematian “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati, dan hanya pada hari kiamat saja diberikan dengan sempurna balasanmu…” (Q.S Al-Imran [03]:185).

BACA JUGA:  Mengenal Fungsi Dasar Keluarga

Mari kita nikmati sisa umur yang diberikan oleh Sang Maha pengatur takdir dengan banyak bersyukur dan minimkan insecure, fokus pada kebaikan-kebaikan dan amalan yang membawa kita kepada tempat yang telah di janjikan. Selamat berjuang di dunia fana.

Referensi: Al-Qur’an dan BPS (Badan Pusat Statistik) hasil sensus penduduk 2020.

Komentar

Berita lainnya