oleh

Manfaatkan Peluang Usaha di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Sainah (STEI SEBI)

Peluang atau opportunity adalah kesempatan yang berharga yang ada di depan kita, di mana hal tersebut sangat menguntungkan bagi dirinya. Banyak sekali peluang-peluang yang Allah SWT kasih kepada kita semua, oleh karena itu kita harus memanfaatkan peluang itu dengan sebaik baiknya jika peluang itu ada di hadapan kita.

Usaha merupakan sesuatu yang harus terus menerus kita lakukan, supaya usaha tersebut akan bertahan dalam jangka yang panjang. Dari situlah kita dapat memperoleh keuntungan dari Peluang Usaha.

Peluang Usaha merupakan suatu kesempatan bagi seseorang untuk memulai sesuatu yang lebih menguntungkan untuk mendapatkan usaha yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat saat pandemi Covid-19 ini. Dalam hal ini Peluang Usaha menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum membuka suatu bisnis.

BACA JUGA:  Agar Anak Terhindar Pergaulan Bebas

Sebagaimana kita ketahui bahwa Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini telah membuat perekonomian di Indonesia semakin memburuk. Banyak perusahaan-perusahaan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap karyawannya, karena pemasukan uang kas perusahaan mengalami penurunan. Begitu pula  para pelaku UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) di Indonesia mengalami penurunan pendapatan akibat Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh Kota di Indonesia.

Oleh karenanya, jika ingin memulai Peluang Usaha di masa pandemi Covid-19,  seseorang harus berpikir tentang kebutuhan apa yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Kita lihat dari peraturan Pemerintah saat ini yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebagai seorang yang memanfaatkan peluang usaha harus membuat usaha dalam bisnis pembuatan masker yang indah di lihat, dan nyaman dipakai. Karena seseorang itu pasti bakal memilih masker yang indah atau bagus bahannya karena kenyamanan dan kesukaan itu adalah hal yang harus diperhatikan dalam sebuah bisnis. Masker juga merupakan hal yang paling diutamakan seseorang saat ini jika ingin keluar dari rumah. Kemudian bisa juga dalam memanfaatkan Peluang Usaha melalui bisnis makanan delivery. Karena Pemerintah melarang masyarakat untuk berkerumun dan menerapkan protokol kesehatan untuk jaga jarak, maka sebagai seorang yang memanfaatkan Peluang Usaha harus berpikir bagaimana seseorang supaya tidak berkerumun dalam membeli makanan. Dari situlah kita bisa memulai usaha kita dengan cara delivery atau mengantarkan pesanan makanan ke rumah-rumah. Otomatis kita mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil ongkos kirim makanan. karena kita mengetahui bahwasanya dalam Era yang Modern ini banyak aplikasi digital yang menyediakan tempat untuk bisa mempromosikan jualan seseorang seperti lewat go food itu sangat membantu seseorang jika ingin memesan makanan tanpa harus keluar rumah mengingat virus covid-19 yang semakin menyebar di Indonesia.

BACA JUGA:  Penggunaan Aplikasi Daring bagi Pelaku UMKM Sebagai Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Adapun keuntungan dari memanfaatkan peluang usaha yaitu:

  • Mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi.
  • Menjadikan seseorang lebih kreatif dan inovatif dalam berpikir.
  • Menumbuhkan jiwa berwirausaha dalam dirinya.
  • Terhindar dari kemalasan dan sifat jenuh di masa pandemi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang memanfaatkan peluang usaha di masa pandemi covid-19 akan mendapatkan penghasilan tambahan, untuk menutupi kerugian usaha utamanya dan menginvestasikannya di usaha yang saat ini dari hasil memanfaatkan peluang usaha.

Komentar

Berita lainnya