oleh

Kuatkan Mental, Jangan dikit-dikit insecure

Akhir-akhir ini istilah insecure sering kita temui di kehidupan sehari-hari, terutama di media sosial. Namun apakah kita tahu apa itu insecure?

Insecure merupakan kata dalam bahasa inggris yang berarti tidak aman, jika digambarkan istilah ini menggambarkan perasaan seperti tidak percaya diri, waspada, merasa tertekan, malu, gelisah, ketakutan, dan pemurung.

Perasaan yang dapat membuat diri sendiri menjadi sering membanding-bandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain ini. Membuat diri menjadi pesimis dan kepercayaan diri menjadi berkurang, menjadi tidak memiliki keberanian untuk mencoba tantangan yang baru dengan potensi yang dimiliki. Terkadang rasa insecure ini muncul karena terlalu merasa rendah diri jika dihadapkan dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.

Banyak sekali yang menjadi penyebab timbulnya perasaan insecure seperti lemahnya mental dalam diri karena terpengaruh dengan ucapan orang lain yang tidak mengenakan di dengar, dan berdampak terhadap kepercayaan diri yang membuat seseorang menjadi enggan untuk menunjukkan potensi yang dimiliki karena tidak berani mengalami kesalahan.

Tentu kondisi seperti ini jika berlangsung secara lama akan berdampak buruk bagi seseoarang yang mengalaminya, karena akan menghambat tumbuh kembang dari potensi yang ada dalam diri seseorang. Kesehatan mental pun akan terganggu karena banyak tekanan yang dirasakan yang membuat seseorang menjadi depresi dan gangguan lainnya.

Lalu bagaimana cara sederhana yang bisa kita cegah agar tidak timbul perasaan insecure?

  • Selalu berpikir optimis dan berhentilah untuk membandingan diri sendiri dengan orang lain, dan percayalah terhadap kemampuan diri sendiri walaupun tidak terlalu hebat.
  • Tidak berpikir pesimis dengan mengasah kemampuan yang dimiliki dan belajar kemampuan yang baru.
  • Kurangi penggunaan media sosial secara berlebihan agar tidak melihat kemampun yang dimiliki orang lain.
  • Menyibukkan diri dengan aktivitas positif dari kegiatan yang bisa mengembangkan potensi yang di miliki.
  • Mencari lingkungan lain bersama orang-orang yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.
  • Ketika sudah berhasil, hindari perasaan sombong karena perasaan ingin balas dendam terhadap seseorang yang membuat insecure.
  • Kuatkan mental dan selalu terbuka dengan tidak memilih-milih teman, bahkan bisa juga belajar dan berteman kepada orang yang membuat insecure. (Affan Fuhaid)