oleh

Empat UMKM Depok Lolos Seleksi Gerak Pendampingan Jabar Tahun 2020

DEPOK – Empat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok berhasil lolos seleksi dalam kegiatan Gerak Pendampingan Jawa Barat (Jabar) Tahun 2020. Adapun keempat pelaku UMKM tersebut adalah UMKM cokotten cokelat, UMKM bunatha yoguhrt, UMKM tanabe food dan UMKM bir pletok anak babeh.

Pembinan UMKM Jabar untuk Kota Depok, Cahyadi menerangkan, kegiatan gerak pendampingan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaku usaha mikro di masa pandemi. Dengan begitu, mereka dapat bertahan pada situasi seperti saat ini yang berdampak kurang baik terhadap dunia usaha.

BACA JUGA:  Idris Ajak Warga Berdoa Pandemi Segera Berakhir

“Dari 120 UMKM yang tersebar di Depok, empat di antaranya berhasil lolos seleksi,” jelasnya, Rabu (24/02/21).

Dikatakannya, para pelaku UMKM yang lolos tersebut telah mengikuti penilaian tingkat kota pada 18 Februari lalu. Selanjutnya, mereka akan mengikuti proses penilaian tingkat provinsi pada Maret mendatang.

“Penilaian tingkat provinsi ini untuk menentukan UMKM yang sudah bisa naik kelas. Misalnya, dari yang sebelumnya usaha mikro, meningkat menjadi usaha kecil, menengah, hingga besar,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pelatihan Daring Tim UI: Strategi Pengajaran Efektif bagi Anak Berkebutuhan Khusus Selama PJJ

Sementara bagi mereka yang tidak lolos, akan tetap diberikan pembinaan sehingga terus meningkatkan usahanya dengan mengenal dan mengetahui permasalahan maupun kesulitan yang dihadapi. Mulai dari bahan baku, pengolahan, hingga pemasaran.

“Untuk mendapatkan energi baru dalam meningkatkan daya saing dan bertumbuh di masa pandemi ini dibutuhkan support dari semua kalangan. Baik pemerintah, swasta, maupun para pendamping UMKM,” pungkasnya. []

Komentar

Berita lainnya