oleh

Biological Clock, Waktu yang Mempengaruhi Tubuh

Untuk sebagian orang bangun di waktu pagi merupakan hal yang sangat membuat malas terutama saat hari libur atau saat malam dihabiskan dengan begadang. Bagi kalangan anak muda mungkin hal itu menjadi sesuatu yang remeh dan dampak yang dirasakan tidak terlalu besar oleh tubuh, namun dampak yang paling akan dirasakan yaitu pada saat lanjut usi yang mana tubuh akan melemah dan penyakit pun akan bermunculan.

Apakah kita tahu jika menurut kesehatan kita harus menghindari begadang dan harus bangun di pagi hari?

Sebenarnya di tubuh manusia memiliki dengan yang namanya biological clock atau body clock, hal ini yang membuat tubuh kita merasakan reaksi pada kondisi jam-jam tertentu. Jika kita urutkan seperti berikut:

  • Jam 11 malam sampai jam 3 pagi, merupakan saat kadar darah kita berkumpul di hati. Pada fase ini, organ hati akan mengalami ditoksinasi atau disaat racun-racun yang masuk ke tubuh selama seharian akan terkumpul di ginjal untuk dibuang saat kita pertama kali bangun tidur.
  • Jam 5 pagi sampai jam 7 pagi, merupakan fase saat sirkulasi darah berkumpul pada sistem pencernaan, sehingga pada jam tersebut untuk disarankan buang air besar dan kecil terlebh dahulu saat bangun tidur. Karena melalui buang air itulah segala racun-racun yang terkumpul di ginjal akan dikeluarkan dari tubuh.
  • Jam 7 pagi sampai jam 9 pagi, pada fase ini sirkulasi darah akan berkumpul di perut, dan di sarankan untuk sarapan yang ringan-ringan saja pada pagi hari.

Dampak apa yang akan dirasakan jika kita terlalu banyak begadang?

Pada saat hati mengalami fase ditosinasi, maka tubuh diharuskan pada kondisi yang tenang dan rileks atau tubuh harus pada kondisi tidur untuk beristirahat. Jika tidak maka proses ditosinasi di hati akan menjadi kacau jika tubuh tidak di istirahatkan.

Lalu dampak lain yang dirasakan yaitu menyebabkan penuaan dini seperti mempercepat timbulnya uban di rambut, kulit menjadi kering dan berkerut, perut membesar karena berlemak, serta masalah-masalah organ tubuh lainnya yang disebabkan oleh begadang.

Jikapun ada hal yang memaksakan kita untuk bekerja di malam hari, alangkah lebih baiknya jika memilih jam-jam yang bisa meminimalisir itu semua seperti tidur pada waktu siang. Namun hindari untuk tidur di sore hari, dan bisa juga tidur di awa-awal malam hari seperti saat jam 7 malam sampai jam 11 malam. (Affan Fuhaid)

Refrensi :

http://ivarohmawati.web.unej.ac.id/2015/0430/biological-clock/

Komentar

Berita lainnya