oleh

4 Jenis Pekerjaan yang Populer Selama Masa Pandemi

Pandemi covid 19 belum juga mereda bahkan berita penyebarannya semakin menjadi-jadi saja. Seperti yang kita ketahui, pandemi bukan hanya menyerang kesehatan masyarakat namun hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat pun terkena dampak dari pandemi covid-19 ini. Ekonomi menjadi salah satu aspek yang paling terkena dampak covid 19. Merosotnya ekonomi bukan tanpa alasan, PSBB merupakan penyebab utamanya dimana para pebisnis terkena dampak terbesar karena laba yang menurun dan akhirnya berdampak ke pengurangan pegawai.

Dengan adanya pandemi yang memerosotkan penghasilan masyarakat harus bisa memutar otak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa menopang kehidupan mereka sehari-hari. Kemajuan teknologi dibidang internet merupakan salah satu alternatif yang sangat membantu masyaraat dalam mencari tambahan penghasilan. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa pekerjaan yang paling digemari di masa pandemi ini sebagai dampak dari kemajuan teknologi.

⦁ Dropshipper

Apa itu dropshipper? Pasti readers semua sudah tidak asing dengan kata dropshipper dan sering mendengar kata tersebut. Dropshipper adalah pekerjaan menyalurkan barang ke tangan konsumen melalui suplier atau seller. Menjadi dropshipper sendiri tidak memerlukan modal dan tidak memerlukan stok barang karena tugasnya hanya mempromosikan barang dan menunggu pemesan atau pembeli. Selanjutnya setelah menerima orderan seorang dropshipper akan meneruskan orderan tersebut ke supplier. Cara mengambil keuntungan dari menjadi seorang dropshipper adalah dengan menentukan sendiri untung dari harga yang telah diberikan oleh supplier. Dropshipper juga sangat membantu bagi para supplier karena produk mereka bisa dikenal lebih luas oleh seluruh masyarakat melalui media online.

⦁ Reseller

Reseller adalah menjadi tangan kedua atau menjual kembali produk yang telah dibeli dari supplier. Cara kerja menjadi reseller sendiri mirip dengan dropshipper hanya saja bedanya seorang reseller menyetok barang di tangan mereka,memasarkan sendiri dan mengelola orderan yang masuk sendiri. Seorang reseller membeli stok barang ke supplier dengan harga yang cukup murah lalu mereka menjualnya lagi ke pembeli dan melanjutkan proses order sendiri. Beda dengan dropshipper yang hanya bertugas mempromosikan barang dan meneruskan orderan. Keuntungan menjadi reseller adalah kita bisa mengetahui jenis dan kualitas barang yang akan kita jual sehingga meminimalisir kekecewaan pelanggan terhadap barang yang tidak sesuai.

⦁ Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki jutaan pengikut di akun media sosial. Sering juga disebut selebgram untuk instagram, tiktokers dan masih banyak lagi. Menjadi influencer sendiri memang agak sulit karena memerlukan followers medsos yang banyak. Lalu dari mana penghasilan menjadi seorang influencer? Seorang influencer mendapatkan penghasilan dari biaya endorsment atau promosi. Dimana saat sebuah bisnis atau usaha meminta seorang influencer mempromosikan produknya ke para pengikut di akun media sosialnya. Bayaran seorang influencer pun tidak tanggung-tanggung tergantung seberapa besar si influencer memasang harga. Karena besarnya penghasilan menjadi influencer sekarang orang-orang berbondong-bondong mengusahakan kenaikan followers di medsos mereka

⦁ Youtuber

Youtuber tidak jauh beda dengan influencer yakni pekerjaannya adalah berkaitan dengan jumlah pengikut di media sosial yakni youtube. Youtuber sendiri adalah orang yang memiliki banyak pengikut di kanal youtube nya. Youtuber dibayar dengan melihat jumlah vieweres dari video yang mereka posting. Semakin banyak viewers semakin banyak pula honor yang diberikan oleh pihak youtube. Bahkan sekarang para youtubers sering menyelipkan promosi atau iklan dari pihak yang meng-endorse dan itu juga merupakan salah satu penghasilan yang bisa didapatkan dari seorang youtuber. Sudah banyak bukti orang-orang yang menjadi sukses dengan berbekal youtube. So untuk menjadi seorang youtuber, upload lah video semenarik mungkin.

Beberapa pekerjaan diatas adalah pekerjaan yang sangat relevan dilakukan dimasa pandemi ini dimana kita tetap bisa menghasilkan uang walaupun PSBB diberlakukan. Masih banyak lagi pekerjaan yang relevan dilakukan di masa pandemi ini seperti writer content, seller online dan lain-lain. Jadi, tidak ada kata menyerah ya pada pandemi karena perkembangan teknologi benar-benar membantu kehidupan sehari-hari kita. [Rara Ramadani Rahayu]