oleh

Tren Bercocok Tanam Makin di Gemari, Begini Islam Memandangnya

Sejak munculnya pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia Maret 2020 lalu, Masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah senada dengan himbauan pemerintah. Alhasil, timbullah tren-tren yang kembali eksis di tahun 2020 lalu, salah satunya bercocok tanam. Tercatat, di 2020 kegiatan bercocok tanam meningkat tajam seiring dengan pemberlakuan PSBB yang menghambat mobilitas sehingga memaksa masyarakat untuk tinggal dirumah. Masyarakat menggunakan halaman atau tamannya untuk menanam berbagai jenis tanaman, baik itu konsumsi maupun hias. Lalu bagaimana islam memandangnya?

BACA JUGA:  Kisah Seorang Raja yang Sholeh

Dalam Islam, kegiatan bercocok tanam merupakan kegiatan yang mubah, bahkan bisa bernilai pahala jika dilakukan dengan mengharap ridho Allah Azza Wa Jalla. Berikut ini adalah hadits Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wa Sallam tentang kegiatan bercocok tanam :

Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu anhu, dia bercerita bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: “Tidaklah seorang Muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim)

BACA JUGA:  Agar Anak Terhindar Pergaulan Bebas

Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah mengatakan bahwa hadist tersebut merupakan salah satu dalil mengenai anjuran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk bercocok tanam. Karena di dalamnya terdapat dua kebaikan, kebaikan dunia dan akhirat.

Kebaikan di dunia karena bercocok tanam menghasilkan hasil-hasil pertanian baik itu sayur-sayuran atau buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh si penanam maupun masyarakat. Kegiatan ini bisa memenuhi kebutuhan manusia, dan ini merupakan kebaikan.

BACA JUGA:  Peran Orang tua dalam Membangun Generasi Islami

Selanjutnya kebaikan di akhirat, yaitu berupa ganjaran atau pahala. Karena tanaman yang kita tanam apabila dimanfaatkan oleh manusia atau dimakan oleh binatang akan dihitung sedekah, baik kita sadar maupun tidak.

Kesimpulannya, bercocok tanam dalam pandangan islam merupakan kebaikan bahkan dianjurkan oleh Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam. Karena didalamnya terdapat manfaat bagi seorang muslim baik itu saat hidup di dunia maupun akhirat. (Farhan Ar’Rayyan)

Komentar

Berita lainnya