oleh

Phasmophobia, dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Phasmophobia merupakan ketakutan berlebihan terhandap hantu, phasmophobia jika menurut bahasa yang berasal dari yunani yaitu, phobos yang berarti takut dan phasmose yang berarti supranatural.

Penyebab timbulnya phasmophobia dalam diri bisa dipicu dari terpengaruh dari trauma pengalaman pribadi, merasa cemas dengan tempat-tempat gelap dan kesendirian saat malam, dan terpengaruh oleh lingkungan seperti terlalu menonton film horor, cerita horor, mitos, dan selalu menjadi korban di takut-takuti.

Orang yang mengalami phasmophobia akan sensitif jika dalam keadaan sendiri seperti:

  • Ketika berjalan sendirian dan mengintip di jendelaia akan merasa bahwa ada yang memperhatikannya
  • Jika tertidur ia merasa ada seseorang di tempat gelap seperti dikolong tempat tidur, dan tempat lainnya
  • Sensitif dengan suara aneh-aneh
  • Sensitif dengan pergerakan yang tiba-tiba
  • Merasa jika melihat sesuatu yang sekilas
BACA JUGA:  Mikha Angelo Rilis Mini Album "Lover" untuk Valentine Days

Akibatnya penderita phasmophobia ini akan mengalami maslah di kehidupan sehari-harinya karena sudah terlalu ketakutan terhadap makhluk halus. Gejala itu akan timbul ketika penderita mengalami takut berlebih untuk pergi ke kamar mandi saat malam hari, sering cemas sampai kecapaian karena susah untuk tertidur, takut ketika sendiri, takut tepat gelap, membayangkan hal menyeramkan, menjadi mudah panik, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Hari Kasih Sayang, Sivia Azizah Rilis Single "Are You My Valentine?"

Tentu ini akan menjadi masalah bagi diri sendiri dan akan membuat orang lain menjadi cemas terhadap penderita jika sendiri. Oleh karena itu untuk pencegahan agar penyakit ini penderita harus konsultasi kepada seorang pakar psikolog, dokter kejiwaan, ataupun kepada tokoh agama seperti ustadz.

Hal yang bisa dilakukan oleh penderita agar mengurangi ketakutan berlebih yaitu seperti melakukan Relaksasi Hypnoterapi Cognitive Behaviour Theraphy (CBT), atau mengkonsumsi obat anti depresan dan anti-anxiety atas saran dari dokter.

BACA JUGA:  Prima Founder Records Produksi Full Album AM Kuncoro dan Single Perdana Bea Serendy serta Rojanah dalam Seminggu

Namun alangkah lebih baiknya jika penderita melakukan pendekatan religius agar memperkuat mental seperti dengan memperbanyak ibadah dan berdoa untuk dilindungi dari hal-hal ghaib dan bisa juga melakukan ruqyah kepada ustadz, namun perlu diingat untuk menghindari meminta pertolongan kepada seorang dukun karena bukan hanya menjadi perbuatan syirik namun biasanya akan memiliki dampak boomerang terhadap penderita. (Affan Fuhaid)

Komentar

Berita lainnya