oleh

Perlukah Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan di Masa Pandemi?

Pembelajaran secara daring merupakan hal yang masih asing di beberapa kalangan siswa, sehingga kegiatan ini masih belum terlalu efektif pada awalnya. Keputusan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka untuk tahun 2021 merupakan tindakan yang diperlukan, namun tetap harus diimbangi dengan peraturan yang berkaitan dengan kesehatan dan penyebaran virus.

Siswa memang masih perlu untuk datang ke tempat belajar, terlebih lagi para siswa yang baru menginjak tahun ajaran baru di masing-masing jenjang. Hal ini dikarenakan siswa dapat bersosialisasi dengan lebih leluasa serta mendapat pengalaman dalam wujud nyata dan praktik mengenai teori beberapa pelajaran tertentu.Indri Fitri Yungingsih, mahasiswi semester 5 diTelkom University, menyatakan bahwa pembelajaran secara tatap muka masih diperlukan karena lebih efektif dalam penyampaian materi oleh pengajar.

BACA JUGA:  Para Orang Tua Berikan Tanggapan Mengenai Dibukanya Kembali Sekolah Tatap Muka

Selain itu, Annisa Novianti selaku mahasiswi semester 5 di Telkom University pun berpendapat bahwa faktor lain yang menjadi penyebab mengapa pembelajaran secara tatap muka dibutuhkan ialah lingkungan di rumah belum tentu mendukung bagi siswa untuk belajar. Bahkan, bisa jadi lingkungan tersebut kurang kondusif sehingga siswa tidak fokus untuk belajar seperti halnya ketika pembelajaran secara tatap muka. Oleh karena itu, dari perspektif para pelajar setuju bahwa pembelajaran tatap muka masih diperlukan.

BACA JUGA:  Awas, terjadinya Sick Building Syndrome saat WFH!

Meskipun demikian, pembelajaran secara daring merupakan hal baru yang dibutuhkan di masa pandemi ini serta perlu adanya peningkatan inovasi agar para pelajar lebih mudah memahami materi ajar yang diberikan. Kedepannya, pembelajaran secara daring lebih dapat mempermudah para pelajar ketika ada hal yang menghalangi pembelajaran secara tatap muka seperti kondisi sulit saat ini.  Besar harapan agar di masa mendatang nanti dapat hadir inovasi-inovasi baru terkait pembelajaran secara daring agar kegiatan belajar mengajar lebih kondusif dan efektif serta efisien bagi para pelajar.

BACA JUGA:  Literasi Tahun Baru, Profit atau Defisit?

Kamiliya Nurul Hani, Mahasiswa Telkom University

Komentar

Berita lainnya