oleh

Perasaan Misterius yang Muncul Dalam Kondisi Tertentu

Terkadang ketika dalam keadaan lingkungan tertentu, kita akan tiba-tiba merasakan perasaan-perasaan misterius yang timbul karena kondisi emosi dalam diri saat kondisi tertentu.

Perasaan ini walaupun terkadang bisa timbul sewaktu-waktu pada saat kondisi tertetu, akan tetapi tetap saja kita merasa aneh dan terkadang menikmatinya. Namun kita belum mengetahui perasaan apa ini. Berikut ini adalah nama-nama perasaan misterius itu:

  • Kenopsia

Perasaan ini biasanya timbul jika kita sedang berada dalam keadaan ramai, karena di saat banyak orang dan akan merasa bahwa kita merasa sendirian walaupun sedang di tengah-tengah keramaian. Biasanya keadaan ini timbul jika kita hanya sendiri saja dan tidak ada teman berbicara sehingga kadang timbul perasaan merasa sendiri ketika sendirian, atau kita hanya ingin sendiri saja dan merasa ingin menarik diri dari lingkungan keramaian karena ada terdapat pikiran lain dalam diri.

  • Mimeomia

Perasaan ini timbul ketika kita harus menyesuaikan diri menjadi kepribadian lain pada saat kondisi lingkungan tertentu, biasanya hal seperti ini timbul ketika dalam circle dunia kerja, ketika bertemu orang yang baru dikenal, ingn mencoba kepribadian yang baik, atau hanya ingin menutupi kepribadian yang sebenarnya di hadapan orang lain.

  • Heimweh

Biasanya orang yang merasakan ini akan selalu merasakan rindu jika ia sedang berada di tempat yang jauh. Bisa rindu terhadap seseorang, lingkungan, makanan, ingatan tentang moment-moment yang menyenangkan.

  • Vellichor

Vellichor ini merupakan perasaan yang bisa membuat suasana hati menjadi mudah terharu, sedih, bahagia ataupun yang mampu membuat terbawa emosi. Biasanya yang mengalami perasaan ini sering mengikuti jalan cerita sebuah film, buku, anime, komik dan lain sebagainya. Dengan mengikuti alur cerita serta sudah mengetahui lebih dalam dari setiap karakter yang seperti berada di dunia nyata, bahkan menjadi terbawa perasaan pengalaman para karakter.

  • Adronitis

Perasaan ini muncul ketika enggan memulai hanya untuk menanyakan kabar atau menyapa lagi sesorang yang dulu sangat dekat, hal ini karena merasa tidak percaya diri, pesimis, malu, atau hal lainnya karena sudah tidak berkomunikasi setelah sekian lama.

  • Kairosclerosis

Perasaan yang timbul karena perasaan sangat bahagia sehingga ingin rasanya untuk mempertahankan momen-momen kebahagian ini selamanya.

  • Chrysalism

Perasaan ini muncul ketika hujan turun yang membuat perasaan nyaman dan tenang, dengan mendengar  suara derasnya rintikan air hujan yang berjatuhan. Sembari menikmati kehangatan sesuatu yang lembut serta makanan dan minuman yang hangat.

  • Gnossienne

Perasaan ini timbul dalam diri karena prasangka yang merasa bahwa jika telah mengetahui segalanya dari seseorang, namun sebenarnya belum mengetahuinya.

  • Liberosis

Perasaan yang ingin untuk merasakan kedamaian diri sendiri dan enggan untuk mempedulikan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar, jadi yang mengalami kondisi ini ia akan mencari sesuatu yang menyenangkan hatinya seperti mencari hal-hal yang ia sukai saja.

  • Anemoia

Perasaan yang timbul karena perasan nostalgia dengan mengingat masa lalu dan merasa terbawa suasana pada masa itu, hal ini bisa muncul ketika sedang mendengarkan lagu yang ia pernah dengarkan di masa lalunya.

  • Liminal

Perasaaan yang timbul akibat bosan seperti karena terlalu lama menunggu sesuatu atau seseorang. (Affan Fuhid)

Refrensi :

@kreativv_id