oleh

Menu Makanan Terjangkau dalam Meningkatkan Imunitas Pada Masa Pandemi COVID-19

Penulis: Adelya Fina Kuswardani dan Dinda Dara Purwanto, FKM UI

Pada Desember 2019, terdapat kejadian luar biasa di Wuhan, China, dimana ditemukan virus jenis baru pada manusia yang menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) dan menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam rangka memutus penyebaran COVID-19, Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pembatasan sosial ini berdampak besar bagi kehidupan masyarakat seperti ditutupnya sejumlah pabrik, toko dan perusahaan yang secara tidak langsung berakibat pada aspek ekonomi. Hal ini menyebabkan masyarakat kehilangan pekerjaan dan tidak adanya pemasukan tetap sehingga berdampak kekurangan bahan makanan. Kondisi tersebut menyebabkan asupan gizi seseorang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara, pada masa pandemi COVID-19 menjaga pola makan yang baik dan sehat adalah hal yang sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh dalam mencegah COVID-19. Walaupun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah penularan virus COVID-19, mengubah pola makan dengan mengkonsumsi menu makanan bergizi seimbang yang sehat sangat penting dalam upaya penurunan risiko penyakit kronis dan penyakit infeksi serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada masa pandemi COVID-19, makanan yang dikonsumsi harus beraneka ragam. Dalam isi piring makan sehari-hari sebaiknya terdiri dari makanan pokok yang berisi sumber karbohidrat, lauk pauk yang mengandung sumber protein dan mineral serta sayuran dan buah yang juga berisi sumber vitamin, mineral dan serat.

BACA JUGA:  Suka ngemil? Perhatikan nilai gizinya!

Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga sistem imun, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin C, vitamin A, vitamin D, Vitamin E, vitamin K, dan mineral (Se, Zn, Fe). Nutrisi tersebut apabila bekerja bersama akan mengaktifkan sistem imun natural sebagai pertahanan garis depan serta memperkuat pertahanan tubuh untuk melindungi diri dari infeksi COVID-19.

Berikut contoh pemilihan menu yang dapat dijadikan menu makanan sehari-hari sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan dalam meningkatkan imunitas pada masa pandemi COVID-19:

Menu pertama (+ Rp 50.000/3 orang)
Sarapan : Nasi, Telur balado, Sayur sup wortel + kentang + buncis, Pisang dan Air mineral
Selingan siang : Jus buah
Makan siang : Nasi, Telur balado, Sayur sup wortel + kentang + buncis, Pepaya, dan Air mineral
Selingan sore : Singkong rebus dan Air mineral
Makan malam : Nasi, Ikan mas goreng, Sayur sup wortel + kentang + buncis, Pisang, dan Air mineral

BACA JUGA:  Fenomena Hustle Culture

Menu Kedua (+ Rp 60.000/3 orang)
Sarapan : Nasi, Tempe goreng, Sayur bayam, Jeruk dan Air mineral
Selingan Siang : Bubur kacang hijau
Makan Siang : Nasi, Ikan lele goreng, Sayur Bayam, Melon Air Mineral
Selingan Sore : Pisang Goreng
Makan Malam : Nasi, Telur dadar, Cah Brokoli, Melon Air Mineral

Menu Ketiga (+ Rp 70.000/3 orang)
Sarapan : Nasi, Ayam goreng, Cah kangkung, Semangka, dan Air mineral
Selingan Siang : Ubi ungu rebus dan Air mineral
Makan Siang : Nasi, Tempe bacem, Cah kangkung, Nanas, dan Air mineral
Selingan Sore : Jus Buah
Makan Malam : Nasi, Tahu bacem, Cah tauge, Semangka, Air Mineral

Sumber karbohidrat yang digunakan pada menu di atas adalah nasi, singkong, dan ubi. Pada sumber protein hewani digunakan ayam, telur ayam, ikan lele, dan ikan mas sedangkan protein nabati digunakan tempe dan tahu. Ikan lele dan ikan mas dipilih karena paling digemari masyarakat dan juga mengandung asam lemak omega-3. Telur juga digemari karena citarasa yang enak dan protein hewani yang paling murah. Kuning telur dan daging ayam juga sebagai sumber lemak.

BACA JUGA:  Pentingnya Risilp Monitoring dan Controlling dalam Wirausaha

Ikan, telur ayam, sayur bayam, buncis dan kangkung mengandung Vitamin A. Telur juga sebagai sumber seng. Selain itu, buncis juga mengandung sumber vitamin B6. Sumber vitamin C terdapat pada jeruk, sayur bayam, brokoli, dan ubi. Pada brokoli dan bayam juga mengandung sumber vitamin E. Sumber vitamin D diperoleh dari kuning telur. Vitamin B9 dapat diperoleh dari ayam, kacang hijau, buah jeruk, dan buah melon. Sedangkan vitamin B12 dan selenium terdapat pada produk hewani yang meliputi ikan, dan daging ayam. Lalu, makanan hewani seperti daging ayam, dan ikan, telur, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber zat besi.

Pada pilihan menu makanan, diambil beberapa menu yang sama dalam satu hari untuk menghemat biaya dan penggunaan bahan makanan. Tetapi perlu diingat, pilihan menu yang digunakan tetap mengandung menu seimbang dimana terdapat berbagai jenis makanan yang terdiri dari makanan pokok, lauk hewani atau lauk nabati, sayur dan buah. Oleh karena itu, pada masa pandemi COVID-19 tetap diperlukan mengkonsumsi menu makanan seimbang untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan infeksi COVID-19.

Komentar

Berita lainnya