oleh

Mengisi Waktu Luang Dengan Berkebung

Berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan terutama saat masih adanya pandemi Covid-19 seperti ini, di mana masyarakat disarankan lebih banyak beraktivitas di rumah. Oleh sebab itu masyarakat pun mencari kegiatan di sela-sela aktivitas rumah dengan berkebun baik itu menanam tanaman hias, tanaman buah, dan sayuran.

Banyak yang beranggapan bahwa jika kegiatan berkebun itu sulit memerlukan lahan yang luas dan modal yang terbilang cukup lumayan. Padahal banyak cara yang kreatif untuk mencari solusi kekurangan itu semua dengan memanfaatkan yang ada.

Mungkin yang menjadi hambatan kita yaitu merasa bingung harus dari mana untuk memulai berkebun, oleh karena itu.

Pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan mengumpulkan niat. Karena dengan niat menandakan bahwa kita menjadi bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu dan pantang menyerah.

BACA JUGA:  Peran Orang tua dalam Membangun Generasi Islami

Kedua yaitu menyiapkan media tanam, jika kita memiliki lahan yang terbatas maka salah satu alternatif yaitu dengan menggunakan :

  • Pot yaitu wadah plastik yang keras untuk media tanam tanah.
  • Polybag sebagai wadah media tanam tanah biasanya untuk menyemai tanaman.
  • Hidroponik sebagai alternatif berkebun tanpa media tanah dan hanya menggunakan media air untuk memenuhi nutrisi tanaman. Untuk hidroponik jika dirasa komponen tempat media tanamnya mahal untuk dibeli bisa menggunakan barang bekas yang ada. lalu jika dirasa semua itu terasa sulit dan tidak ingin ribet, wadah media tanam hidroponik bisa dibeli di toko-toko.
  • Raised bed atau biasa di sebut garden box yaitu bak wadah media tanam tanah yang berbentuk persegi panjang dan terbuat dari kayu, plastik, beton dll.
  • Self Watering System yaitu media tanam yang diartikan sebagai pot dan mengairi sendiri dengan memanfaatkan prinsip kapilaritas untuk menjaga kondisi media tanam tetap lembap.
  • Barang bekas dengan kreativitas memanfaatkan barang yang ada menjadi wadah media tanam.
BACA JUGA:  Inilah Peran Muslimah dalam Dakwah

Ketiga yaitu memilih bibit tanaman yang akan kita tanam, untuk seorang pemula disarankan untuk memilih tanaman dengan perawatan yang termudah terlebih dahulu. Seperti tanaman sayuran sawi, kangkung, bayam dan lain-lain. Lalu jika sudah sukses menanam sayuran yang mudah kemudian naikkan level dengan sayuran yang perawatannya tergolong lebih sulit seperti cabai, tomat dan lain-lain.

BACA JUGA:  Miliki Pikiran Positif selama Pandemi dengan Memperbaiki Kecerdasan Emosi

Keempat yaitu dengan menonton video tutorial dan tips menaman yang baik, terkadang kita mengalami kendala dalam memulai dan proses penanaman seperti serangan hama, pohon mati atau rusak, dan salah dalam teknik menanam. Lalu jika menonton tutorial kita bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana cara menanam yang baik mungkin dari pakarnya.

Kelima yaitu ACTION, jika semua persiapan sudah terpenuhi segera praktikkan kumpulkan keberanian untuk memulai. Jangan malas-malas untuk mencoba dan menjadi menyerah karena sering gagal. (Affan Fuhaid)

Komentar

Berita lainnya