oleh

Mengenal Lahan basah, salah satu lahan penting bagi lingkungan

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan terdapat banyaknya aliran sungai dan banyak wilayah yang tergenang air. Salah satu kawasan itu adalah lahan basah, namun apakah kalian tahu lahan basah itu apa?

Lahan basah atau (weatland) merupakan kawasan yang memiliki kondisi tanah yang tergenang air, baik air yang mengalir atau air yang diam. Lahan ini dapat muncul ketika musim hujan, bahkan memang selalu ada atau permanen.

Ekosistem di lahan basah, secara tipologi terbagi menjadi dua yaitu, ekosistem air tawar yang terdiri dari air tenang seperti rawa-rawa, kolam, dan air yang mengalir di perairan sungai. Kemudian ekosistem estuari yang terdiri dari rumput laut, payau, mangrove, dan laguna. hal ini karena wilayah ekosistem estuari sangat terpengaruhi oleh adanya pasang surut air laut.

Setidaknya di Indonesia terdapat 30 juta hektar lahan yang tersebar, dan setiap tahun terdapat bertambahnya lahan basah yang mulai berkurang akibat alih fungsi lahan untuk pemukiman, membuka lahan untuk perkebunan dan lain-lain.

Saat Ini dengan semakin menyusutnya lahan basah akibat alih, padahal terdapat fungsi dari lahan basah yang penting terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Seperti menjadi sumber air, memberikan karbon, mencegah terjadinya bencana, menjadi tempat tinggal beragam jenis hewan dan tumbuhan,

Berikut ini adalal macam-macam lahan basah yang terdapat di indonesia:

  • Lahan gambut

Lahan gambut sebenarnya adalah lahan dengan tanah yang terbentuk dari akumulasi atau sisa-sisa tumbuhan semak yang sudah mati, atau yang sudah membusuk dan semakin lama akan semakin menumpuk tumbuhan-tumbuhan yang mati lahan. Sehingga terdapat kandungan organic yang tinggu di lahan gambut.

  • Rawa-rawa

Kawasan ini merupakan wilayah yang sepanjang tahun selalu tergenang air dangkal, kawasasan ini umumnya berupa hutan rawa yang berair tawar, hutan rawa gambut, hutan bakau yang ditumbuhi oleh tanaman semak-semak hingga pohon-pohon yang dapat hidup di genangan air, serta menjadi habitat yang baik untuk keanekaragaman hayati.

  • Riparian

Kawasaan ini umumnya ditumbuhi oleh tanaman-tanaman air seperti sejenis hidrolik atau eceng gondok, dll. Lahan ini merupakan  kawasan peralihan diantara daratan dan sungai.

  • Paya-paya

Lahan ini merupakan lahan yang tergenang oleh air yang lebih dangkal dibanding rawa-rawa dengan cakupan yang lebih luas, dan jenis air disini adalah air payau, air tawar, bahkan air asin. (Affan Fuhaid)

Refrensi :

@lindungihutan