oleh

Mengawali Hidup Sehat dengan Gratis

Untuk mengawali hidup sehat bisa dengan gratis, loh!

Kebanyakan orang berpendapat bahwa untuk hidup sehat membutuhkan biaya yang mahal dan susah. Ternyata apabila kita lihat lebih dalam ada cara yang dapat kita lakukan dengan gratis untuk mengawali hidup sehat. Benar sekali, berjalan kaki merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk mngawali hidup sehat dengan gratis.

Mengapa berjalan kaki?
Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik yang bersifat sebagai ketahanan dan kekuatan. Berjalan kaki tentunya menjadi salah satu olahraga yang mudah, murah, dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Resiko cedera pada olahraga jalan kaki pun kecil. Apabila dibandingkan dengan joging, berjalan kaki hanya membebani tubuh sebesar 1,25 kali bobot badan, sedangkan joging dapat membebani tubuh kita sebesar 3-4,5 kali bobot badan. Berjalan kaki juga merupakan olahraga yang sangat mudah dan tidak membutuhkan usaha yang besar seperti olahraga lainnya. Membiasakan diri untuk berjalan kaki juga merupakan salah satu cara promotif dan preventif untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Kemudahan Informasi dan Kecenderungan Mendiagnosa Diri Sendiri

Manfaat Berjalan Kaki
Walaupun berjalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah namun ternyata manfaat dari berjalan kaki ini sangat banyak loh. Duke University Medical Center melakukan studi dan menyatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari dapat mengurangi metabolic syndrome, yaitu salah satu penyebab tertinggi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke. (Rina T.A,2007). Kemenkes RI menyatakan bahwa berjalan kaki memiliki 11 manfaat, yaitu:

  • Dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit
  • Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit dapat menurunkan berat badan
  • Jalan kaki cepat selama 20-25 menit dapat memberikan kondisi yang baik bagi jantung dan paru-paru
  • Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru serta dapat membakar lemak dalam tubuh
  • Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat
  • Membantu mengurangi stres
  • Memperlambat penuaan
  • Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Membantu mengontrol dan mencegah diabetes
  • Memperkuat otot kaki
BACA JUGA:  Vaksin Covid-19 Sinovac: Apakah Aman?

Tips untuk memulai berjalan kaki

Memang terdengar cukup sulit untuk membiasakan diri berjalan kaki setiap harinya. Apalagi dengan situasi pandemi yang sudah membiasakan diri untuk dirumah saja. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memulai membiasakan diri berjalan kaki setiap harinya:

Berdiri saat menerima telepon
Hal ini dapat menjadi langkah awal untuk membiasakan diri berjalan kaki lebih banyak dari biasanya. Dengan berdiri saat menerima telepon dapat membuat kita tidak sadar akan berjalan kaki dengan sendirinya. Hal ini sangat cocok untuk diterapkan dalam mengawali hidup sehat dengan berjalan kaki.

Lakukan kegiatan yang memerlukan banyak gerakan
Berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan saat dirumah aja. Berkebun juga bisa menjadi salah satu kegiatan baru yang dapat kamu tekuni. Dengan berkebun kamu tentunya akan melakukan banyak gerakan yang membuat tubuhmu bergerak lebih dari sebelumnya.

BACA JUGA:  10 Jenis Makanan yang Dapat Mengatasi Stress

Berjalan kaki sambil mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat membuat berjalan kaki menjadi lebih menyenangkan. Dengan mendengarkan musik/menyanyi berjalan kaki akan terasa lebih sebentar dan tidak terasa lelah.

Dengan tips di atas kamu dapat tetap sehat tanpa harus lelah dan bosan. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai hidup sehat dengan gratis dan menyenangkan.

Khansa Abistha, Nabilatus Syarifah, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia 2018

Referensi:
P2PTM. 2018. Apa saja manfaat berjalan kaki?. [online] Available at: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/29/apa-saja-manfaat-berjalan-kaki
Wahyuningsih A Setyo. 2015. Membudayakan Jalan Kaki di Kampus Konservasi. [online] Available at: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/viewFile/7889/5607
P2PTM. 2020. Bagaimana cara agar tidak malas berjalan kaki? yuk simak tips seru untuk jalan kaki. [online] Available at: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/3/bagaimana-cara-agar-tidak-malas-berjalan-kaki-yuk-simak-tips-seru-untuk-jalan-kaki

Komentar

Berita lainnya