oleh

Mengawali Hari dengan Bangun Tidur yang Berkualitas

Di kondisi masyarakat pada saat era modern seperti ini banyak orang yang mengalami kesulitan tidur bahkan perlu adanya obat dorongan agar bisa tertidur, jika pun bisa tertidur namun tetap mengalami kendala seperti jam tidur yang berantakkan serta tidur dan bangun tidur yang tidak berkualitas.

Banyak hal yang dapat membuat kualitas tidur jadi lebih baik seperti:

  • Hindari makanan yang berat sebelum tidur, karena dapat menggangu pencernaan makanan dalam perut yang mengakibatkan susah tidur karena rasa tidak nyaman di perut saat tidur. Alangkah lebih baiknya jika tidur dilakukan saat 1 jam setelah makan.
  • Untuk meningkatkan kualitas tidur jika sudah beraktivitas yang berat seharian mungkin akan lebih cepat tertidur. Namun jika kita seharian hanya beraktivitas yang ringan-ringan saja, sebelum tidur bisa melakukan olahraga yang ringan.
  • Sebelum tidur alangkah lebih baik jauhi hanphone untu mencegah kita memainkan hanphone yang membuat kita lupa waktu dan matikan semua alat elektronik lainnya seperti matikan lampu, televisi, dan lain-lain.
  • Sebelum memejamkan mata biasakan dalam hati untuk niatkan bangun pada jam-jam tertentu yang diinginkan pada pagi hari, dan usahakan untuk menghindari kebisaan menyalakan alarm. Karena biasanya akan percuma saja  jika alarm akan di skip atau dimatikan karena saat bangun tidur yang terasa terpaksa, dan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah sebelum tidur agar masih diberi umur di hari esok.
  • Untuk tidur yang berkualitas bagi orang dewasa yaitu 7 sampai 8 jam perhari.
  • Tidak perlu begadang jika tidak ada gunanya, seperti pekerjaan atau tugas. Untuk mencegah ini perlu keseriusan dalam mengerjakan sesuatu lalu hindari deadline dan usahakan kerjakan jauh-jauh hari, jangan di anggap enteng hal ini. (Affan Fuhaid)